Tetap Berliterasi dengan Nuansa Ramadan

Kediri – Memiliki rutinitas harian berbeda-beda tidak menyurutkan semangat Sahabat Ara dari Tulungagung untuk tetap berliterasi. Bulan Ramadan 1442 H, dimanfaatkan GPAN Tulungagung dengan mengadakan kegiatan literasi yang berbeda yaitu adanya acara Khotmil Qur’an. Acara ini digagas oleh pengurus harian yang ingin mengkolaborasikan literasi dengan nuansa Ramadan. Sebelum Ramadan, GPAN Tulungagung aktif mengadakan Lapak Baca setiap akhir pekan. Tidak mau berhenti menginspirasi, Sahabat Ara satu ini tetap menjaga komunikasi dan silahturahmi antar anggota. Khotmil Qur’an menjadi ajang berlomba-lomba dalam kebiasaan baik. Tidak jarang, untuk mengajak kaum muda berbuat baik tidak susah.

Apakah pembaca sudah kenal dengan anggota GPAN Tulungagung? Kabupaten Tulungagung berada di Selatan Kabupaten Kediri, dan di sebelah Utara Kabupaten Trenggalek. GPAN Tulungagung memiliki anggota yang terdiri dari Pengurus Harian dan anggota. Mereka ialah, Mochamad Tri Cahyanto sebagai ketua, Ahda, Tiza, Ifa, Leni, Maris, Zulfa, Isna, dan Mahbub. Bagi Cahyo, kegiatan ini tercetus dari salah satu anggota. Melihat waktu luang Sahabat Ara di rumah, sehingga dirasa efektif mengadakan Khotmil Qur’an dirumah masing-masing.

Acara Khotmil Qur’an ini dilakukan di rumah masing-masing anggota dengan pembagian waktu dua sesi. Kegiatan khotmil Qur’an yang pertama pada 16 – 22 April 2021 dan sesi kedua pada 23-29 April 2021. Menurut Leni, “Adanya kegiatan khotmil Qur’an ini tidak menjadi beban, saya sangat enjoy. Kegiatan seperti ini membuat barokah komunitas GPAN Tulungagung untuk kedepannya.”

Cahyo menambahkan, “Kegiatan Khotmil Qur’an ini dapat memberi dampak baik bagi pribadi, bukan hanya di kegiatan sosial. Harapannya, dapat menambah ketaqwaan diri dengan belajar dan beribadah hanya kepada Allah. Bagi anggota melatih kejujuran dan rasa tanggung jawab dari apa yang telah diamanahkan. Nantinya, pasca ramadan anggota GPAN Tulungagung semakin solid dan istiqomah dalam menebar kebermanfaatan bagi sesama.”

Serunya mokel bareng GPAN Tulungagung

Puncak kegiatan Ramadan Sahabat Ara Tulungagung, mengadakan reuni dan mokel bareng kemarin pada Selasa (4/5). Acara ini menjadi momen melepas kerinduan dan berbagi cerita antar anggota. Bertempat di salah satu rumah makan di wilayah Tulungagung, acara reuni berjalan seru dan penuh kebersamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *