GPAN REGIONAL JEMBER GOES TO SCHOOL (GGS)

posted in: GPAN Regional Jember, Kegiatan | 1

GPAN Jember kembali mengabdi. Pengabdian kali ini bertajuk GGS (GPAN Goes to School), program kunjungan GPAN ke sekolah yang pada kesempatan ini akan menyapa SMK Muhammadiyah 4 Kalisat di sela-sela Masa Orientasi Siswa (MOS).

Tahun ini, Mendikbud Anis Baswedan menerapkan kebijakan baru mengenai MOS. Perpeloncoan dan segala macam pernak-pernik MOS yang sering disalahgunakan sebagai ajang balas dendam senior kepada juniornya telah resmi dihapuskan. Mendikbud menganjurkan konsep MOS yang lebih terasa manfaatnya bagi siswa untuk mengenal lingkungan akademik mereka yang baru sebelum menjalani kegiatan belajar mengajar.

Sebagai salah satu komunitas sosial yang bergerak di bidang pendidikan, tim GPAN Jember diberi kesempatan untuk ikut mengisi salah satu sesi dalam rangkaian kegiatan MOS di SMK Muhammadiyah 4. Tema yang diangkat dalam GGS kali ini adalah tentang “Meraih Mimpi dan Pentingnya Membaca”. Tema ini bertujuan untuk memotivasi siswa agar berani bermimpi melalui cerita-cerita inspiratif dibalik kesuksesan tokoh-tokoh bangsa, seperti misalnya Presiden RI ketiga, Bapak B. J. Habibie. Materi yang disampaikan juga bertujuan untuk memotivasi siswa agar gemar membaca, karena dengan membaca mereka dapat mewujudkan apa yang mereka cita-citakan.

Suasana Materi Meraih Mimpi & Pentingnya Membaca oleh GPAN
Suasana Materi Meraih Mimpi & Pentingnya Membaca oleh GPAN

 

Selain itu, siswa diminta untuk membuat peta mimpi atau yang lebih dikenal dengan “Dream Mapping”. Dream Mapping berisi tentang apa saja yang akan mereka lakukan untuk meraih mimpi-mimpi mereka, yang divisualisasikan dalam bentuk peta. Acara diakhiri dengan “Hopes and Fears”, atau “Harapan dan Ketakutan”. Siswa diminta untuk menuliskan harapan-harapan mereka di masa depan pada secarik kertas sticky notes berwarna merah muda dan menuliskan ketakutan-ketakutan yang harus mereka hadapi pada secarik kertas sticky notes berwarna hijau.
Sesi ini adalah sesi paling dramatis. Salah seorang siswa bernama Endang memberanikan diri untuk membaca kertas harapan dan ketakutannya di depan kelas. Harapan dan ketakutan yang ia sampaikan dari dalam hati berhasil membuat suasana menjadi sendu dan seisi kelas pun terharu.

Endang yang membuat seisi kelas terharu
Endang yang membuat seisi kelas terharu

 

Naah, demikian secuil cerita tentang GGS dari Sahabat GPAN Jember. Nantikan cerita-cerita menarik dan inspiratif lain dari kegiatan kami yaa.. Salam mengabdi!

Hopes and Fears SMKM 4 Kalisat
Hopes and Fears SMKM 4 Kalisat

 

By: GPAN Reg Jember

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *