DONASI 100 AL QUR’AN, OPTIMIS MENGUPAYAKAN KEBAIKAN

posted in: GPAN Regional Malang, Kegiatan | 0

Hai Sahabat GPAN dari Sabang sampai Merauke! Ada kabar gembira nih. Tim Gerakan Perpustakaan Anak Nusantara (GPAN) Malang ingin berbagi pengalaman untuk kita semua, yang insya Allah bermanfaat dan berkesan, serta menginspirasi sahabat semua dimanapun berada. First of all and FYI nih Sahabat, GPAN Malang lagi punya gawe di bulan suci Ramadhan tahun ini, dengan tajuk Donasi 100 Al-Qur’an. Meski awalnya pesimis–dikarenakan persiapan yang mepet, personel yang semakin berkurang akibat mudik liburan dan berbagai kesibukan–dengan tekad dan komitmen yang bulat, Tim GPAN Malang tetap berjuang tak kenal lelah demi terlaksananya program sesuai harapan.

Berbagai macam strategi pun dikerahkan demi kesuksesan progam yang semakin dikejar tayang. Mulai dari promosi kegiatan melalui media sosial seperti website, facebook, instagram, whatsapp, BBM, Line hingga kontak personal dengan beberapa target donatur pun dilakukan demi kesuksesan program Donasi 100 Al-Qur’an. Berbekal semangat yang berapi-api dan kerja sama tim yang luar biasa solid, atas izin Allah SWT, alhamdulillah Tim GPAN Malang berhasil mengumpulkan donasi Al-Qur’an sebanyak 236 eksemplar–dua kali lipat lebih banyak dari target yang diharapkan.

 

penyerahan al quran

Gambar: Penyerahan Al Qur’an ke salah satu pengurus masjid

 

Eiiitss, tunggu dulu. Kerja keras Tim GPAN Malang tidak hanya sampai di sini loh. Setelah penggalangan donasi, Tim GPAN Malang pun turun langsung mengantarkan donasi Al-Qur’an ke beberapa lokasi target penerima, diantaranya: Panti Mawaddah Warohmah, Pondok Pesantren Raudlatun Nasichin, Pondok Pesantren Syaiurrifa’, Panti Asuhan Putra Harapan Asrori, Taman Pendidikan Al-Qur’an Mambaul Hidayah Niwen Wagir serta Pondok Pesantren Asy’syafiiyah Niwen. Pemilihan penerima donasi tidak sembarangan loh. Tim GPAN Malang menentukan kriteria yang harus dipenuhi untuk menjadi penerima donasi, yaitu Taman Pendidikan Al-Qur’an atau Pondok Pesantren, serta Panti Asuhan yang jumlah ketersediaan Al-Qur’an nya belum mencukupi untuk jumlah santri yang terus meningkat setiap tahun.

gpan malang dgn santri

Gambar: Kebersamaan tim Gerakan Perpustakaan anak Nusantara Regional Malang dengan Santri

 

gpan malang dgn pengurus panti

Gambar: Kebersamaan tim Gerakan Perpustakaan anak Nusantara Regional Malang dengan salah satu pengurus panti asuhan

 

Satu lagi pengalaman yang tak kalah mengesankan, yaitu buka bersama dengan santriwan-santriwati Pondok Pesantren Raudlatul Nasichin. Acara buka bersama ini merupakan ajang mempererat kekeluargaan antaranggota GPAN serta antara Tim GPAN Malang dengan santriwan-santriwati Pondok Pesantren Raudlatul Nasichin. Menu makanan yang disajikan untuk buka bersama dimasak langsung oleh Tim GPAN Malang bersama para santri Pondok Pesantren dalam nuansa kekeluargaan. Setelah selesai menyantap hidangan buka puasa, Tim GPAN Malang bersama para santri Pondok Pesantren melaksanakan ibadah sholat Maghrib berjamaah, dilanjutkan sholat Isya dan Tarawih bersama-sama.

buka puasa dgn santri

Gambar: Buka puasa bersama dengan para santri Pondok Pesantren Raudlatul Nasichin

 

Sahabat GPAN dimanapun berada, pelajaran berharga yang bisa kita petik dari pengalaman Tim GPAN Malang adalah: jangan pernah pesimis untuk mengupayakan kebaikan. Meskipun kita tidak selalu bisa mengupayakan hal-hal besar dan luar biasa, tapi kita tetap bisa mengupayakan hal-hal sederhana dengan niat dan semangat yang luar biasa. Tetap semangat untuk berbagi dan menginspirasi ya, Sahabat. #salammengabdi

Penulis: Lilik Erviana/ @lilikerviana  

Editor: Retno Purwaningsih

Leave a Reply