Contohkan kesabaran pada anak-anak

Oleh : Dini Rizkia

 

Ada cara yang lebih cepat dan tepat dalam membangun rasa sabar. Yaitu, ajak anak ikut bersabar dalam berbagai hal dengan mengajarkan mereka kesabaran. Anak-anak secara fitrah memang kurang sabar dan mudah frustasi. Jika orang tua meladeni sikap negatif anak dengan sikap yang sama, maka anak akan sulit merubah sikapnya. Sikap kalem dan tenang dari kita, merupakan cara terbaik untuk menngajarkan anak, bahwa apapun masalahnya segala sesuatu bisa diselesaikan dengan ketenangan dan kesabaran.

Orangtua sebagai peran penting di kehidupan keluarga harus mengajarkan bagaimana caranya bersabar kepada anak ketika sedang menghadapi masalah. Dan ketika disekolah pun pendidik harus mengajarkan hal yang sama, hindari memberikan tugas jika anak sedang mengerjakan tugasnya dengan kecepatan anak. Berikan pekerjaan pada anak dan sadarilah pekerjaan itu tidak akan cepat dikerjakan anak segera setelah kita memintnya. Biarkan anak bekerja dengan kecepatannya.

Sabar adalah keterampilan dan rahmat Allah swt. Kesabaran selalu diuji dan diuji. Hadapuilah setiap situasi dengan tenang, ambil napas panjang dan sembunyikan rasa marah kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *