Tutorial Desain Simple di HP dengan aplikasi Canva

posted in: Event | 0

Narasumber : Intan Alim Hidayati (Anggota GPAN Regional Kepanjen 2020)

Editor : Mufidatul Amalia (Anggota GPAN Regional Kepanjen 2020)

Desain Grafis merupakan salah satu kebutuhan masyarakat saat ini. Bukan hanya dibutuhkan dalam pendidikan namun juga bisnis. Tidak semua orang bisa desain tetapi bukan berarti mereka tidak bisa hanya belum bisa. Sebagai generasi muda yang kerap dekat dengan media sosial sudah seharusnya bisa menguasai desain. Oleh karena itu GPAN Regional Kepanjen memfasilitasi anggota dengan mengadakan kelas online guna membekali anggota yang ingin belajar desain. Kelas online dipandu oleh Lu’luil dengan pemateri Intan Alim anggota Media desain grafis GPAN Kepanjen 2020. Kelas online yang berjalan pada hari Minggu, 03 Mei 2020 dalam whatsapp gruop GPAN Regional Kepanjen.

Intan memulai kelas online tersebut dengan definisi canva, “Canva adalah aplikasi untuk design berbasis online yang sangat mudah digunakan untuk orang awam. Canva tersedia di desktop maupun mobile. Aplikasi ini memiliki 2 versi yaitu berbayar dan gratis. Namun, kita sudah dapat menggunakan canva dengan berbagai fitur yang cukup lengkap tanpa harus membelinya. Dengan canva kita bisa membuat visual konten yang bagus dengan mudah tidak kalah dengan software berbayar lainnya. Kita bisa membuat berbagai macam design dengan mudah seperti : Logo, poster, banner iklan, konten sosmed, featured image blog, thumbnail youtube,  Mewsletter, Infografik, Design kemasan produk”.

“Canva mudah dan gratis. Canva alat yang berguna untuk kerja,sekolah dan bermain. Lebih dari 500+ Font yang bisa digunakan oleh semua orang yang mendesain. Banyak koleksi foto untuk mengekspresikan moment. Canva juga bisa edit video dengan template keren.” papar Intan saat ditanya ‘Mengapa memilih aplikasi canva ?’ Selanjutnya Intan menjelaskan Cara menggunakan aplikasi canva.

  • Membuat Akun Canva, setelah masuk ke aplikasi klik “sign up” di sebelah kiri atau pojok kanan atas layar, bisa juga mendaftar dengan akun facebook, google, atau email.
  • Membuat Design dengan Canva, setelah membuat akun kita akan disuguhkan dengan halaman utama dan untuk membuat design, kita bisa klik tombol create lalu pilih jenis design yang akan dibuat
  • Memilih Template Canva, setelah memilih jenis konten, kita akan masuk ke halaman editor canva. Kita dapat membuat design dengan bantuan template yang disediakan dan tinggal memilih yang cocok.
  • Membuat Design Tanpa Template, selain kita dapat memanfaatkan template yang ada kita juga bisa berkreatifitas sendiri. Pertama-tama pilih ukuran, untuk latar belakang ada 2 opsi photo atau background biasa.
  • Edit Background, terlebih dahulu pilih gambar yang akan digunakan apabila ukurannya tidak pas klik salah satu dari keempat ujung foto lalu tekan “alt” agar hasilnya proporsional. Lalu agar tulisan yang nantinya dibuat jelas, edit background dengan klik “adjust”. Setelah di klik akan terlihat beberapa slider yang bisa digeser kiri kanan untuk mendapat hasil yang diinginkan. Atau bisa juga menggunakan shape hitam dan letakkan diatas background. Setelah itu atur opacitynya. Apabilah salah edil klik “ctrl+z” atau klik panah kiri di halaman editor.  Namun bila di mobile kita bisa langsung memencet latar belakang dan dan sesuaikan manual.
  • Menambah Teks, kita bisa menambahkan teks langsung dengan klik (+) dan pilih teks. Untuk di PC tinggal klik tanda “teks” di sebelah kiri.
  • Mengedit Teks, Kita dapat mengganti warna, gaya tulisan, serta ukuran dengan cara klik teks yang ingin dikustomisasi. Kita juga dapat memindahkan tulisannya tinggal klik dan drag ke arah yang kita inginkan
  • Menyimpan Design, untuk menyimpan gambar kita tinggal mengklik tanda unduh dengan format png. Namun apabila kita mengggunnakan PC kita akan dapat format PNG, JPG, dan PDF

Kelas online diakhiri dengan quotes “Ke-kreatifan itu tidak ada batasnya, tugas kita adalah menemukan aplikasi yang mudah untuk memulai suatu awal bentuk kreatif baru nanti dikembangkan ke aplikasi yang lebih rumit, semua bisa karna terbiasa. Mari bersama mewarnai dunia dengan design yang inspiratif dan informatif mulai sekarang”. Intan Alim Divisi MDG GPAN Kepanjen 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *