Pembuatan Hand Sanitizer: Stok Pabrik Mulai Menipis, Kenapa Tidak Buat Sendiri?

Ayo Racik Sendiri Hand Sanitizer, si Penangkal Ampuh Covid-19 Pendamping Sabun

posted in: Event | 0

GPAN.OR.ID – Seperti yang diketahui, virus Covid-19 bukan masalah sepele, yang solusinya nanti-nanti saja. Semenjak persebaran virus ini, orang-orang tidak bisa lagi bersantai-santai tanpa berupaya menanggulangi.

Banyak hal yang dulunya dianggap remeh, kini menjadi hal yang di menjadi penting untuk diperhatikan. Mulai penggunaan masker, disinfektan, hingga hand sanitizer.

Bahkan benda-benda tersebut mulai habis diserbu orang-orang yang terjangkiti ­panic buying.

Respon berlebihan masyarakat, menjadikan stok-stok di berbagai daerah semakin menipis. Serba-serbi instan, seperti stok-stok masker, disinfektan, hingga hand sanitizer dari pabrik, mulai langka di pasaran.

Menghindari kondisi kelangkaan yang semakin hari, semakin meresahkan. Gerakan Perpustakaan Anak Nusantara (GPAN), memberikan solusi dengan menggelar kelas diskusi online lewat platform WhatsApp.

Diskusi Online yang bertajuk Pembuatan Hand Sanitizer: Stok Pabrik Mulai Menipis, Kenapa Tidak Buat Sendiri?, ini dipandu perwakilan GPAN Regional Bali, Shonia, dan menghadirkan praktisi kesehatan dari Stikes Surya Mitra Husada, Kota Kediri, Ratih Ayu sebagai pematerinya.

Baca: Buat Sendiri Masker Penangkal Corona dengan Bahan Sederhana, Ini Langkah-langkahnya

Ilustrasi alkohol 70 persen (Sumber: net)

Ratih menjelaskan bahan utama untuk membuat hand sanitizer adalah alkohol dengan kadar minimal 70% saja.

“Sedangkan kita butuh alkohol dengan kadar minimal 70%, untuk bisa membunuh kuman di kulit kita.” Ucapnya dalam kelas diskusi online, Selasa (31/3/2020) malam.

Lalu, bagaimana dengan kadar alkohol diatasnya, bukankah dinilai lebih ampuh lagi?

Menurut penjelasan Ratih, pemakaian alkohol 70% saja sudah berhasil menyebabkan kulit kering.

Jika kadar konsentrasi alkohol lebih dari 70%, maka kulit akan semakin mongering dan mudahnya terkena iritasi kulit.

Hal di atas perlu diperhatikan mengingat pemakaiannya juga yang tidak hanya satu kali.

Pembuatan hand sanitizer memang sangat mudah, namun ada banyak hal-hal penting yang perlu diperhatikan. Dalam sesi diskusi online kemarin, Ratih juga berbagi tutorial singkat cara membuat handsanitizer, dan bahan apa saja yang diperlukan, berikut uraian lengkapnya :

Bahan yang diperlukan :

  1. Aloevera gel (3 sdm)
  2. Alkohol 70% (7 sdm)

Baca: Pendidikan Keluarga: “Corona Menjadikan Rumah Sebagai Sekolah”

Hand sanitizer vs cuci tangan dengan sabun

Ilustrasi (Sumber: KomasTV)

Disela-sela perbincangan pada kelas diskusi online kemarin. Kerap kali, Ratih mengatakan hand sanitizer hanya sebagai solusi pengganti saja.

Kemudian, apa keunggulan memakai handsanitizer?

Menanggapi pertanyaan tersebut, Ratih sedikit memberikan penjelasan pemakaian hand sanitizer, sedikit banyak hanya dilakukan oleh orang-orang yang malas mencuci tangan.

“Hand sanitizer itu nggak fungsi-fungsi amat sebetulnya, dia hanya membunuh kuman dan bakteri. Nah, hidup kita kan nggak cuma kuman dan bakteri, tetapi juga ada virus, seperti saat ini,” imbuh Ratih.

Baca: Sharing Online GPAN #8 Tips Mengelola Komunitas

Melanjutkan penjelasan dari Ratih, virus akan mati jika terkena oleh detergent, kandungan berlebih alkohol pada hand sanitizer cenderung berbahaya untuk kulit, jika pemakaiannya dilakukan berulang kali.

Di akhir diskusi, Ibu Ratih juga menambahkan, jika handsanitizer merupakan alternatif kedua selain cuci tangan, yang berfungsi sebagai antiseptik.

“Terimakasih juga teman-teman sudah di kasih kesempatan berbagi. Saya hanya berbagi apa yang saya tahu. Teman-teman bisa cari tahu lebih jauh dengan yang lebih ahli, atau dengan literatur resmi lainnya,” ucapnya, mengakhiri kelas diskusi.

Reporter: Fara, Uploader: Bang Endra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *