Tumbuhnya Solidaritas di Tengah Pandemi Melalui Organisasi

m.ayosemarang.com

Saat ini manusia sedang disibukkan dengan adanya wabah virus yang melanda hampir di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Sampai saat ini, sudah lebih dari dua puluh ribu orang di Indonesia yang menjadi korban. Maka tak salah jika kejadian tersebut menyebabkan perubahan drastis terhadap kehidupan, baik dari sektor ekonomi, pembangunan, sosial, pendidikan dan sebagainya.

Dengan adanya situasi dan kondisi yang seperti ini. Tak sedikit pemuda-pemudi yang tergabung dalam organisasi turut berinisiatif sebagai respon dan turut berperan aktif dalam menghadapi dan menangani permasalahan tersebut. Inilah salah satu nilai-nilai positif yang dapat ditingkatkan melalui kegiatan organisasi tepatnya pada masa sekarang, yaitu tumbuhnya solidaritas organisasi di tengah permasalahan global yang sedang terjadi.

i2.wp.com

Apa itu solidaritas?

Solidaritas pada umumnya diartikan sebagai rasa senasib dan sepenanggungan terhadap orang lain atau kelompok. Solidaritas sangat erat kaitannya dengan adanya rasa simpati dan empati karena didasarkan pada rasa kepedulian pada orang lain. Seringkali solidaritas tumbuh dan hadir pada diri seseorang yang memiliki keterlibatan dengan orang lain atau aktif dalam sebuah kelompok.

Meskipun harus berjarak, namun tak menghalangi rasa persatuan dan kesatuan antara yang satu dengan lainnya. Terlebih pada zaman sekarang yang penuh dengan teknologi canggih. Ide dan inovasi baru terus diupayakan untuk turut berperan aktif pada masa pandemi. Solidaritas dapat diungkapkan dengan berbagai hal, mulai dari kegiatan online yang bersifat edukatif, sosialisasi tentang kesehatan, penggalangan dana, hingga penyaluran bantuan kepada khalayak masyarakat yang membutuhkan. Langkah demi langkah terus diupayakan dan tak lupa memperhatikan anjuran-anjuran dari pemerintah selama masa pandemi.

Begitulah peran penting pemuda sebagai generasi bangsa Indonesia untuk menjadi lebih baik di kemudian hari. Solidaritas dapat menumbuhkan rasa tenggang rasa antarsesama anggota kelompok, sehingga tercipta pula kelompok yang harmonis. Berbagai manfaat lain juga dapat diperoleh melalui sikap solidaritas ini, karena yang pasti dengan meningkatnya rasa solidaritas juga akan berdampak besar baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain.

Editor : Bia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *