Semangat Literasi di Bulan Suci

posted in: Event, GPAN Pusat | 0

Terdapat beragam khasanah peradaban baik berupa artefak ataupun manuskrip kuno di Nusantara. Hal tersebut tidak terlepas dari nenek moyang bangsa Indonesia yang memang dulu dikenal sebagai pembaca. Adanya peninggalan dan kekayaan peradaban tersebut mustahil tercipta tanpa adanya kesadaran literasi yang memadai pada saat itu.

Gerakan Perpustakaan Anak Nusantara (GPAN) merupakan organisasi yang bergerak di bidang literasi ini berusaha tetap menggaungkan dan mengajak masyarakat untuk sadar akan pentingnya kemampuan membaca dan literasi. Dalam  rangka memperingati hari ulang tahun GPAN yang ke 6, GPAN mengadakan webinar literasi pada Kamis, 29 April 2021. Webinar literasi ini dimulai pada pukul 14.00 WIB dengan mengangkat tema “Literasi Digital : Siapkah Komunitasmu di Era Society 5.0?”.

Dalam webinar kali ini, GPAN mengundang narasumber dari Rumah Literasi Indonesia, Nurul Hikmah selaku Project Manager. Webinar Literasi ini disambut hangat oleh peserta yang berasal dari masing-masing delegasi GPAN setiap regional di berbagai daerah. Terdapat puluhan peserta yang antusias mengikuti acara webinar literasi.

“Webinar literasi ini merupakan rangkaian acara dalam memperingati HUT GPAN yang ke 6. Di hari sebelumnya tepat pada tanggal  25 April diadakan lomba Tiktok Challenge dan sarasehan, pada tanggal 29 April diadakan webinar literasi dan Open Donasi buku yang masih berlangsung hingga Juni 2021,” ucap Halimatussa’diyah yang mewakili ketua Umum GPAN dalam sambutannya.

Organisasi dengan jargon “Menginspirasi Anak Negeri dengan Literasi” ini berharap dengan dilaksanakannya Webinar Literasi ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan peserta terkait literasi digital yang memang sangat diperlukan di zaman menuju era 5.0.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *