[Review Buku] Gemar Rapi: Metode Berbenahnya Indonesia

Judul Buku       : Gemar Rapi: Metode Berbenahnya Indonesia

Penulis            : Khoirun Nikmah, Putriana Indah Lestari, Wanginingastuti Mutmainnah, Aang Hudaya, dan Achmadi Bambang Sulistiyono

Penerbit           : PT Bentang Pustaka

Tahun Terbit    : 2019

Cetakan           : Pertama

Tebal               : 212 Halaman

Harga               : 59.000,00

ISBN                : 978-602-291-619-2

Metode berbenah Konmari atau Marie Kondo pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Sayangnya metode Konmari tidak menjawab seluruh masalah berbenah yang sering dialami masyarakat Indonesia. Perbedaan pola kebiasaan dan budaya adalah salah satu penyebabnya. Kini, Khoirun Nikmah dan keempat rekannya telah mencetuskan panduan berbenah khusus Indonesia yaitu, Gemar Rapi (Gerakan Menata negeri dari rumah dan Pribadi). Konsep  Gemar Rapi yang dijabarkan di dalam buku ini  menitikberatkan konsep rapi untuk segala usia dan kalangan sehingga dapat menjawab seluruh keluhan masyarakat Indonesia dalam berbenah.

Pada bagian awal buku ini kita diajak untuk membahas tentang kerapian. Mulai dari mendefinisikan clutter, mengatasi clutter, jenis-jenis clutterer, korelasi konsumerisme dengan kerapian, serta arti dari Gemar Rapi. Kemudian  kita akan disajikan apa apa saja yang melatarbelakangi konsep Gemar Rapi. Hal unik yang dapat kita temukan disini adalah sejarah pertumbuhan bangsa Indonesia ternyata berpengaruh pada konsep kerapian yang kita anut serta cara kita dalam memandang dan menyikapi barang.

Gemar Rapi terdiri atas 5 metode. Metode 1 merupakan pembentukan mindset, pendekatan spiritual, dan perubahan habit. Disini dijelaskan mengapa sebelum mulai berbenah, kita pelu menata pola pikir terlebih dahulu. Metode 2 merupakan prinsip personalize, potensi individu, dan ramah anak. Kemudian pada metode 3 dijelaskan bagaimana berbenah dan kerapian dapat memengaruhi Kesehatan dan perasaan. Metode keempat adalah keamanan, baik aman kondisi maupun aman perbuatan.  Metode terakhir, sustainable, ramah alam, less waste, tidak konsumtif.

Buku Gemar Rapi: Metode Berbenahnya Indonesia ini cocok untuk segala usia dan kalangan yang sedang belajar berbenah. Isi dari buku ini ditulis dangan bahasa yang sederhana, lugas, serta diselingi beberapa candaan kekinian sehingga pembaca tidak bosan dalam membacanya. Buku ini juga dilengkapi ilustrasi-ilustrasi penunjang untuk memperjelas informasi.

Selamat belajar berbenah dengan buku Gemar Rapi: Metode Berbenahnya Indonesia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *