Review Buku “Amuspra”

posted in: Karya | 0

Pereview : Aldifa Dewi Restuti

Pengarang              : Dito Aditia, dkk

Penerbit                 : CV. Azizah Publishing

Kota tempat terbit   : Malang

Tahun terbit            : 2019

Tebal                      : 247 halaman

Buku yang berjudul “Amuspra” adalah buku kumpulan cerpen yang ditulis oleh 8 orang penulis. Terdapat 27 judul cerpen dengan 29 cerita yang 2 judul tersebut memiliki 2 part cerita. Cerpen-cerpen tersebut menceritakan kisah yang inspiratif, lucu, dan menyedihkan. Muspra dalam kamus besar bahasa indonesia berarti sia-sia. Harapan penulis buku ini dapat memberikan wawasan kepada pembaca bahwa hidup takkan pernah sia-sia. Amuspra (karena Hidup Tak Akan Sia-sia).

Cerita yang berjudul Sebuah Usaha Melamar Kerja Seorang Fresh Graduate karya Nela A. Angraini adalah cerita tentang seorang anak 17 tahun yang baru lulus SMK ingin mencari pekerjaan di Kota Surabaya.  Dia seorang anak yang pintar namun karena usianya masih 17 tahun sedangkan usia minimal kerja di pabrik adalah 18 tahun dia mendapat banyak penolakan pada pabrik-pabrik yang ia kunjungi. Dia juga mendapat cerita dari temannya yang bekerja di pabrik bahwa bekerja di pabrik tidaklah mudah penuh dengan tekanan. Tetapi ia pantang menyerah. Berkat gigihnya dia mencari pekerjaan akhirnya dia diterima menjadi admin di sebuah perusahaan mabel.

Cerita yang berjudul Kudekap Doamu Ibu Part 1 dan 2 karya Dito Aditia adalah cerita tentang seorang anak yang bernama tio ia berasal dari lampung. Cerita ini menceritakan perjuangan  tio yang mendaftarkan diri pada salah satu perguruan tinggi negeri di malang. Dengan tekun ia belajar hingga lolos tes SNMPTN universitas brawijaya malang. Tio berasal dari keluarga sederhana sehingga ia harus berjuang keras untuk biaya kuliah. Hingga akhirnya tio mendapatkan beasiswa bidikmisi.

Cerita yang berjudul Yang Hilang Saat Nyaman karya shifatin N. H. Adalah cerita cinta seorang gadis yang masih SMA. Menaruh hati kepada seorang anak SMP yang dia adalah adik kelas semasa SMP. Namun karena ia tak mau jatuh terlalu jauh. Ia memutuskan untuk menghentikan rasa yang ada pada dirinya. Gadis itu percaya bahwa yang datang akan hilang. Dan sebelum hilang menghadirkan luka ia menghentikannya.

Cerita yang berjudul Pembuktian karya shifatin N. H. Adalah cerita tentang seorang anak perempuan yang masih SMA tetapi ia sudah bisa membuat buku atau menulis buku. Dalam cerita ini terdapat makna tersirat dah dia sering mendapat ucapan yang menyakitkan dari keluarganya yang tinggal didekat rumahnya. Hingga akhirnya ia berhasil menulis buku dan bukunya banyak minati keluarganya ikut bangga dan tidak lagi mengucapkan hal yang menyakiti hatinya.

4 cerita tersebut adalah salah satu cerita yang ada didalam buku amuspra. Banyak sekali cerita inspiratif yang ada didalam buku ini. Cerita yang mengangkat permasalahan-permasalahan yang sering terjadi di masyarakat. Kisah yang dapat memberikan pembaca semangat baru untuk mewujudkan mimpi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *