Resensi Buku Berpikir ala Enstein dan Bertindak ala Gandhi

posted in: GPAN Regional Malang | 0

Data Buku:

Judul          : Berpikir ala Enstein dan Bertindak ala Gandhi

Pengarang  : J.Ferdinand Setia Budi

Penerbit      : Diva Press

Cetakan      : Pertama

Halaman    : 180

Harga         : Rp. 40.000

ISBN          : 978-602-2961-95-6

Jika anda mencari buku dengan genre motivasi, maka buku ini bisa jadi merupakan buku yang tepat untuk anda.  Buku yang ditulis oleh J. Ferdinand Setia Budi ini secara umum terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama membahas mengenai Albert Enstein dan bagian kedua membahas mengenai Mahatma Gandhi.  Pada setiap bagian dijelaskan mengenai biografi singkat, cara berfikir dan bertindak masing-masing tokoh serta kata-kata inspiratif yang berasal dari kedua tokoh ini. Buku ini merupakan buku yang unik karena menyajikan apa saja value yang bisa diperoleh dari kedua tokoh yang memiliki banyak idola di seluruh dunia ini.

 

Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Albert_Einstein

Pada bagian pertama, pembaca disajikan dengan biografi singkat dari Albert Enstein, cara berfikir Albert Enstein, maupun kata-kata inspiratif yang bisa menjadi inspirasi bagi pembaca. Sebagai seorang ilmuan fisika yang namanya termasuk dalam Seratus Tokoh yang Paling Beroengaruh dalam Sejarah” karya Michael E. Hart, tentu menjadi sangat menarik untuk menelusuri lebih dalam bagaimana tokoh ini bisa mencapai prestasi tertingginya.  Di bagian biografi singkat, diceritakan mengenai bagaimana kondisi masa kecil, pendidikan yang ditempuh, kondisi keluarga, maupun beberapa prestasi ilmiah yang diraih oleh Albert Enstein.. Pada bagian kedua, dijelaskan mengenai cara berfikir Albert Enstein. Pada bagian ini, pembaca dapat mempelajari mengenai beberapa hal yang mendukung dan membuat Enstein dapat memiliki pemikiran yang sangat cemerlang. Beberapa sikap yang positif seperti memiliki rasa ingin tahu yang besar, berupaya dan berlatih terus menerus untuk memecahkan masalah, melakukan visualisasi berfikir serta tidak takut untuk berfikir tentang hal-hal besar merupakan beberapa hal yang dapat ditiru dari seorang Albert Enstein. Pada bagian ketiga, pembaca disajikan dengan beberapa kata inspiratif dari  Albert Enstein. Beberapa kata inspiratif dapat menjadi inspirasi bagi pembaca yang berkaitan dengan urgensi berfikir, bersikap aktif dan kreatif, membuat gagasan yang rasional, serta pentingnya sikap pantang menyerah yang dimiliki oleh Enstein. Salah satu kata-kata yang paling menginspirasi dari Albert Enstein adalah “Orang yang membaca terlalu banyak, tetapi menggunakan otaknya untuk berpikir terlalu sedikit, maka akan jatuh pada kemalasan berpikir”.

Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Mahatma_Gandhi

Setelah disajikan dengan pemikiran cemerlang Albert Enstein, pembaca selanjutnya disajikan dengan penjelasan dari tokoh kedua pada buku ini, yaitu Mahatma Gandhi. Namanya begitu dikenal diseluruh dunia karena dia merupakan salah satu pemimpin India yang selama hidupnya berjuang agar rakyat India terlepas dari belenggu penjajahan Inggris. Pada bagian pertama, dijelaskan mengenai latar belakang pendidikan serta kiprah dan perjuangan yang dilakukan oleh Gandhi. Selanjutnya, pada bagian kedua dijelaskan mengenai bagaimana tindakan-tindakan Gandhi yang dia lakukan selama perjuangannya. Diantara tindakan-tindakannya yang bisa menjadi inspirasi yaitu sikap konsisten dalam mengemban gagasan, senantiasa bekerja keras, bersikap proaktif, mandiri dan cinta tanah air, bersedia berbagi dalam kesusahan, serta selalu memiliki keyakinan diri yang kuat. Dengan sikap-sikap tersebut, Gandhi dapat mengobarkan semangat seluruh rakyat India untuk berjuang dari penjajahan Inggris tanpa melalui kekerasan maupun perang. Selanjutnya di bagian ketiga dijelaskan beberapa kata-kata inspiratif yang berasal dari Gandhi, yakni dalam hal pentingnya untuk bertindak, memaafkan orang lain, pentingnya berserah diri kepada Tuhan, pentingnya rasa cinta, bersikap gigih, serta pentingnya kesederhanaan pada situasi apapun. Salah satu kata-kata yang menginspirasi dari Mahatma Gandhi adalah dalam hal pentingnya untuk selalu gigih, yaitu “Kekuatan bukan berasal dari kapasitas fisik, melainkan bersumber dari kemauan yang gigih”.

Meski buku ini tidak terlalu memberikan penjelasan yang detail tentang kehidupan masing-masing tokoh, akan tetapi buku ini bisa memberikan banyak inspirasi bagi pembaca, khususnya tentang bagaimana untuk memiliki pemikiran cemerlang seperti Albert Enstein dan sikap yang bijaksana seperti Mahatma Gandhi.

 

 

—————

Ditulis oleh: Billy Anugrah

Penulis adalah anggota GPAN Regional Malang (Tim Media dan Desain Grafis). Penulis menyelesaikan pendidikan Sarjananya di Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Industri, Universitas Brawijaya, Malang.  Penulis dapat dihubungi melalui media sosial instagram: billyanuggrah serta twitter : @billy9anugrah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *