Pentingnya Bahasa Inggris di Era Globalisasi

posted in: GPAN Regional Jogja | 0

Oleh : Ummi N.

Belajar bahasa Inggris sebenarnya gampang-gampang susah. Gampang kalau sudah diniatkan diawal dan akan susah kalau males duluan lihat bahasanya.

Era globalisasi yang sangat cepat pertumbuhannya mau tidak mau membuat kita juga harus bisa menggunakan bahasa Ibu negara adidaya ini. Apalagi jika ingin merambah dalam kancah internasional karena Bahasa inggris merupakan bahasa pengantar yang diakui oleh seluruh dunia baik dalam bidang teknologi, ekonomi dan sosial budaya.

Peran penting bahasa Inggris saat ini juga mulai masuk dalam dunia kerja, khususnya perusahaan multinasional. Mereka akan memberikan apresiasi yang tinggi kepada orang-orang yang memiliki kemampuan bahasa asing terutama Bahasa inggris. Tidak hanya dalam dunia kerja saja, saat ini Bahasa inggris juga menjadi peran penting dalam dunia Pendidikan. Contohnya saja pada Pendidikan level universitas yang mewajibkan beberapa Mata kuliahnya mengharuskan penggunaan Bahasa inggris. Pun, jika ingin lulus kuliah, Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia sekarang ini juga mewajibkan mahasiswanya untuk mempunyai sertifikat Bahasa inggris sebagai Salah satu persyaratan kelulusan.

Sebagai generasi muda, seharusnya kita mengerti akan pentingnya meningkatkan kemampuan bahasa Inggris karena mengingat tahun 2020 akan dibukanya pasar bebas yang membuat persaingan dalam dunia kerja semakin sulit. Kemampuan Bahasa inggris pada era globalisasi juga berpengaruh guna meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *