Pendidikan Sebagai Sarana Meningkatkan Moral Bangsa Indonesia Menjadi Lebih Berkualitas

OLEH : RAHMAT HARAHAP

 

 

Pendidkan merupakan suatu proses usaha seseorang  dari manusia biasa menjadi manusia  yang sebenarnya melalui bimbingan, melatih, mengajar dan menanamkan nilai-nilai dan dasar-dasar pandangan hidup bagi generasi mudah,  agar nantinya menjadi manusia yang tahu akan tujuan dan tugas-tugasnya sebagai manusia yang dapat di gunakan oleh masyarakat di lingkungann. Istilah pendidikan ini yaitu memanusiakan manusia sesuai kodrat dan hakikatnya sebagai manusia. Dalam penerapan pendidikan dalam diri seseorang itu butuh waKtu, pikiran yang maksimal dan bagaimana cara meningkatkan moral seseorang melalui pendidikan?.

Pendidikan bukan hal yang asing buat kita, bahkan pada umumnya pendidikan itu sudah dilaksanakan mulai dari kita TK, SD, SMP, dan SMA bahkan sampai keperguruan tinggi. Sebagian manusia beranggapan bahwa pendidikan itu hanyalah sekedar mencerdaskan peserta didik dan yang dikuatkan adalah perkembangan kongnitif dan teacher senter yang dimana peserta didik itu hanyalah sekedar menerima informasi dari gurunya. Karena dengan cara ini tidak memilki dampak yang positif bagi peserta didik, bahkan menjadi suatu pilar yang buruk bagi anak yang notabennya cerdas secara pikiran atau intelektual tetapi lemah secara moral dan perilaku dikarenakan kurangnya pengembangan nilai-nilai kepada para peserta didik.

Dampak yang ditimbul dalam sistem teacher senter  yang menimbulkan peserta didik lemah akan karakter, moral dan agamanya. Oleh karena itu, peran pemerintah disini sangatlah penting untuk menyelamatkan  generasi  agar menjadi manusia yang bermoral dan berkualitas yang dimana cerdas dalam intelektual (kongnitif) dan baik dalam moral atau karakternya.

Pendidikan memiliki landasan yang dapat digunakan untuk mengembangkan karakter dan menanamkank nilai-nilai moral mulai dari pengembangan kurikulum, meningkatkan cara belajar-mengajar dan manajemen sekolah. Dari ketiga unsur  tersebut  memiliki keterkaitan erat dalam dunia pendidikan. Kurikulum tidak kalah pentingnya untuk meningkatkan moral peserta didik. Dengan adanya kurikulum  terbentuklah suatu  rencana yang ingin dicapai dengan tujuan yang terarah dan memiliki konsep yang kuat. Dengan adanya konsep dan tujuan yang jelas maka proses belajar mengajar akan berlangsung dengan baik dan tersusun dengan rapi, oleh karena itu, Pendidikan yang baik itu harus memiliki tujuan yang jelas dan dapat diterima oleh orang lain. Dikarenkan pentingnya pendidikan ini, pemerintah mengeluarkan UU No.20 Tahun 2003 yaitu tujuan “pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kamampuan dan membentuk perwatakan serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangkah mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, dan tawakal kepada tuhaqn yang maha esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, mandiri, cakap, kreatif, serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung  jawab”.

Tujuan pendidikan diatas merupakan tolak ukur bagi dunia pendidikan untuk menanamkan nilai moral, keterampilan dan pengetahuan yang seutuhnya. Pemerintah dan bidang civitas akademika mengubah sistem yang dulu teacher center menjadi student center yang  dimana  peserta didik dituntun untuk aktif dalam proses pembelajaran yaitu peserta didik ditugaskan mencari suatu masalah dan bagaimana pemecahan masalah tersebut. Dalam sistem ini peserta didik disiapkan untuk bisa ikut dalam pemecahan suatu masalah di lingkungan masyarakatnya, sehingga hakikat kemanusiannya bisa digunakan oleh masyarakat sesuai  dengan tuntunan masyarakat .

Sebagai kesimpulannya pendidikan sangatlah penting bagi kehidupan untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan moral bagi seseorang. Pendidikan bukan hanya sekedar memberikan informasi dan mecerdaskan kongnitif saja, tetapi pendidikan itu sebagai alat untuk mengaktualisasikan pengetahuan dengan di tanamkannya nilai-nilai moral sehingga ilmu yang didapatkannya bisa berguna bagi masyarkat dan bangsa. Dan kualitas sebagai kodrat manusia memiliki peran penting bagi orang lain. Hidup yang berkulitas itu adalah hidup yang bermanfaat  bagi orang lain

 

…. SEKIAN TERIMA KASIH …..
 

Leave a Reply