PEMANFAATAN BUKU DIGITAL (E-BOOK) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MASYARAKAT

posted in: Esai, Event, GPAN Regional Jogja | 0

Di zaman sekarang ini banyak dari berbagai kalangan masyarakat yang mulai membicarakan betapa pentingnya literasi bagi kemajuan bangsa. Keterampilan literasi sendiri memiliki pengaruh penting bagi keberhasilan generasi muda bangsa. Kemampuan literasi yang sangat baik akan mendorong generasi muda terkait pemahamannya akan berbagai informasi yang bermanfaat baik secara lisan maupun tertulis. Dalam segi kehidupan, kemampuan literasi pada generasi muda sangat penting agar mendukung kompetensi-kompetensi yang dimiliki para generasi muda. Kompetensi yang dimiliki generasi muda dapat saling mendukung jika para generasi muda dapat menguasai kemampuan literasi atau dalam artian lain generasi muda melek informasi dan dapat menyaring informasi yang dapat menunjang keberhasilan hidup mereka.

Tetapi sesuai yang kita tahu bahwa kita memasuki zaman dimana segala sesuatu terintegrasi oleh internet atau bisa disebut dengan internet of things. Atas fenomena ini, sempat membawa kekhawatiran karena kemunculan “Internet of Things” ini  akan menurunkan minat dan kemampuan literasi dikalangan masyarakat dikarenakan terlalu asik dengan sosial media yang kini sedang marak. Akan tetapi, hal ini bisa diatasi dengan kemunculannya e-book yang bisa diakses secara online. Kemunculan “Internet of Things” serta e-book ini membuat konsep yang selama ini kita tahu bahwa literasi merupakan kegiatan membaca dan menulis pun berubah menjadi kegiatan membaca secara online dan kegiatan mengetik. Perubahan konsep inipun tidak menghalangi masyarakat untuk dapat meningkatkan minat serta kemampuan mereka dalam biidang literasi.

Menurut Warsihna (2016), Tujuan dari pembuatan e-book/buku digital ini adalah untuk memberikan sebuah kesempatan kepada para penulis untuk berbagai informasi secara mudah serta dengan cara yang lebih menarik dan interaktif. Dengan pembuatan tulisan dalam bentuk digital, para penulis tidak perlu lagi mendatangi penerbit agar dapat menerbitkan bukunya. Dan buku digital (E-book) ini memiliki beberapa keunggulan. Keunggulan yang pertama adalah dapat dengan mudah dibawa bepergian kemana saja dan tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang besar. Buku digital dapat ini pun bisa disimpan di PC (Personal Computer), laptop, ponsel atau piranti elektronik yang disediakan untuk menyimpan serta membaca buku dalam bentuk digital. Keunggulan yang kedua adalah format dari buku ini bisa didapatkan oleh masyarakat baik secara offline atau online. Secara offline dalam artian dapat dalam bentuk CD/DVD/Flashdisk dan lain sebagainya. Secara online pun bisa dilakukan kapan saja asalkan terintegrasi oleh internet, dapat mencari koleksi buku yang diinginkan dan dibutuhkan, baik dengan cara membeli serta mendownload buku-buku sesuai keinginan di mana pun berada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *