Online Sharing Session “Indonesia Mengajar”

posted in: Esai, GPAN Pusat | 0

Nama : Amelia Fakhrun Nisa (PM 12 Kab. Kep. Yapen Papua.)

Asal : Malang tuleeen, tapi sekarang ikut suami di Salatiga, jadi statusnya udah nikah dan hamil 9 bulan hehehhe

Alhamdulillah aku lulusan dari Universitas Negeri Malang angkatan 2011, jurusan Psikologi.

Hobi, jalan- jalan. Sekarang sibuk jadi istri, nyenengin dan main sama anak-anak dan sibuk bantuin suami dengan usahanya.

Penjelasan mengenai Indonesia mengajar adalah gerakan. Usaha untuk mengajak semua pihak untuk ambil bagian dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Cita-citanya adalah terlibatnya seluruh lapisan masyarakat dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai janji kemerdekaan. Bangsa yang dipenuhi oleh pemimpin berbagai bidang dengan kompetensi global fldan pemahaman akar rumput.

Misinya

  1. Mendorong terciptanya dampak yang berkelanjutan entitas sasaran.
  2. Membangun jejaring pemimpin masa depan yang memiliki pemahaman akar rumput
  3. Mendorong tumbuhnya gerakan sosial pendidikan di Indonesia.

Persyaratan Menjadi Pengajar Muda:

  1. Lulusan manapun bisa kak, tapi harus minimal S1.
  2. Menjadi seorang pengajar muda atau PM harus benar benar tulus hehehe, jadi “usaha tak akan mengkhianati hasil (kutipan dari alumni PM). Jadi dengan ikut PM itu juga nambah jejaring kita terutama untuk kedepannya. IM sendiri memiliki mitra yang ikut bekerja sama

 

Program IM untuk pengajar muda memiliki beberapa program untuk kita kembangin sendiri dan kelompok yang dikirim satu penempatan dan itupun sudah berdasarkan pedoman IM.

Saya mau memberikan beberapa siklus menjadi Pengajar Muda.

  1. Sosialisasi, kita dari alumni maupun tim IM bakalan ngasih beberapa info ke pemuda-pemudi terbaik bangsa melalui beberapa media.
  2. Fase rekrutmen dan seleksi, ini ada beberapa tahapan. Peminat harus membuat dan mengisi aplikasi online berisi riwayat hidup dan esai. Aplikasi ini dijadikan acuan dasar pada proses awal seleksi. Kandidat yang lolos akan mengikuti serangkaian tes lagi yang terus berkelanjutan, termasuk wawancara, psikotes dan diskusi kelompok atau automatic scoring, manual scoring, Direct Assessment dan microteaching. Untuk tool yang di pakai terus berkembang ya. Jadi tiap angkatan gak sama.

Ada medical ceck up, multi assesor.

  1. Pelatihan
  2. Penugasan 1 tahun
  3. Pasca penugasan

 

Alamat web nya udah saya share di gambar ya tadi. Tapi buka aja di

www.indonesiamengajar.org

Untuk angkatan PM17 ini difokuskan ke 6 kabupaten yaitu Aceh Singkil, Natuna, Nunukan, Sula, Pegunungan Bintang Papua dan Yapen Papua. kalau yang persyaratan dulu umur maksimal 25 tapi kenyataanya temenku banyak yang lebih dari itu ada yang 27/28 mereka lolos, pokoknya di coba aja, gak usah menyerah

 

  1. Alhamdulillah untuk masalah akomodasi dan lainnya sudah ditanggung dari IM. Jadi IM merupakan yayasan swasta yang sudah bekerja sama dengan mitra. Biaya PM sudah di tanggung berdasarkan kebutuhan setiap wilayah penempatan PM, dan gak sama antar PM.

Saya tidak ada kelebihan hehehe, Tim IM punya faktor X untuk menyeleksi PM ( ada rapat besarnya) selain mereka menggunakan tool yang dibuat berdasarkan standar IM. Yang jelas semua harus optimis dalam menjalani seleksi, dan sungguh sungguh di persiapkan sesuai tahapan tadi yang sudah saya share. Yang penting jadi dirimu sendiri. Jangan mengada-ada yang tidak kamu lakuin hehehe

  1. Jumlah PM setiap angkatan juga tidak tentu jadi semua sesuai kebutuhan yang ada. Awal dulu pernah sampai 75 yang dikirim, ada juga yang 50 an dan angkatanku kemarin 40 an hehehe
  2. Untuk kelompoknya sesuai penempatan pada angkatan. insya’ Allah PM 17 ini di bagi 6 kabupaten atau sama halnya ya di bagi menjadi 6 kelompok. Yaitu Aceh Singkil, Natuna, Nunukan, Sula, Pegunungan Bintang Papua dan Yapen Papua. Kalau PM yang tersebar di Indonesia yang banyak banget. Kurang lebih puluhan kabupaten di Indonesia.
  3. Kalau PM penugasannya selama 1 tahun saja. Tapi ada temenku yang bisa lanjut PM lagi karena adanya kekurangan waktu seleksi PM angkatan selanjutnya belum memenuhi standard IM, jadi daftar lagi dan terpanggil lagi.

Kalau relawan gak ada batasannya loh…. Tua muda yang penting jiwa relawan terus berkobar. Soalnya GIM ( Gerakan Indonesia Mengajar) punya beberapa gerakan turunan, seperti Kelas Inspirasi, Rubi, Rubel, Indonesia Menyala dan lain-lain. Banyak sekali dah programnya hehehe

1 tahun mengabdi seumur hidup menginspirasi. Banyak saudara, banyak teman, banyak belajar, banyak hal-hal yang indah untuk dilupakan cieeeee. BANYAK DAHH pokoknya

 

Kantornya Indonesia Mengajar

Jalan Senayan Bawah No. 17, Kel. Rawa Barat. Kec. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12180

Telp. 021- 722 1570

Fax. 021 – 723 1430

 

Email : info@indonesiamengajar.org

makasih ya temen- temen atas semangatnya. Semoga semangatnya terus membara. Jangan lupa daftar yakkk, optimis dan di persiapkan ya. Silahkan yang mau tanya-tanya pribadi, Monggo. Kapan lagi daftar, ya kesempatan ini, yuk di coba. Jiwa muda tetaplah membara, banyak anak-anak pelosok negeri yang butuh sosok seperti kita untuk mengabdi, berbagi ilmu dan pengetahuan dan lainnya. Ingat lohh…….

1 tahun mengabdi seumur hidup menginspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *