Online Sharing session “Beasiswa Unggulan”

posted in: Esai | 0

Pemateri : Zahro Rokhmawati M.Pd

 

Beasiswa Unggulan dari Kemdikbud ini nggak hanya untuk S2 aja kok. Malah dari S1, S2, dan S3 Dan kalau untuk Maba malah kesempatan emas

untuk TOEFL ITP hanya untuk S2 dan S3

Pemburu Beasiswa Unggulan (di sini disingkat *BU* ya biar lebih akrab hehe) itu harus punya Loa Unconditional alias sudah diterima sbg mahasiswa dulu baru bisa daftar beasiswa

 

Jadi ga semua diterima. Mulai seleksim karna Loa Unconditional itu sebagai salah satu syarat dari seleksi BU

Tiap taun BU semakin ketat dan oengalaman dari temen2 awardee BU 2017 dan 2018 Batch 1 kemarin dari TOEFL ITP mereka minimal 500 tadi

Tapi saranku meski kalian belum dapet 500, tetep dicoba aja dulu

*rejeki ga ada yg tau*

 

Jadi kalo BU it sistemnya seperti orang tua ngasih uang saku ke anaknya

Kita dikasih uang trus kita yg mgelola sendiri buat bayar SPP, beli buku, dan kebutuhan kuliah yg lain

Kalau saya dulu kan dapet saat magister alias S2, kuliah 4 semester ya bakalan dapet 4x pencairan

Tahap pertama dulu dapet 18 juta

Yap dilihat dari SPP kita berapa jadi tiap awardee (penerima beasiswa) dapetnya beda2 sesuai dg brp SPP mereka

Oke deh sembari nunggu pertanyaan di sesi kedua, aku jawab yg bagian paling bikin males hihi alias nulis esai dan proposal

Bagi kalian yg jarang bgt nulis, coba deh perjuangin dl dan singkirkan kemalasannya hehe..

Jadi saat kita nulis esai, usahakan semenarik mungkin di bagian awal tulisan

Bisa kita mulai dari kutipan motivasi

Tema esainya untuk tahun ini *Aku Generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indonesia*

Nah kalau proposal, it berisi rancangan tugas akhir kita nantinya mau kayak gimana

Kalo S1, skripsinya mau ttg apa. S2 tesisnya, S3 disertasinya Ranah penelitiannya Tapi misalkan ntar pada akhirnya skripsi/tesis/disertasi kita ga sesuai dg yg kita ajukan di proposal ga masalah kok heheh

Trus kalian selama kuliah ntar sibuk apa aja tulis aja di proposal

Tidak ada ketentuan khusus

Jadi meski akreditasi prodinya masih B insyaAllah masih berpeluang besar asal persyaratan2 yg lain lengkap

Pastinya esai dan proposal yg udah kalian buat hihi

Jadi esai dan proposal it buat ntar saat wawancara 😉

Selebihnya ditanyain udah punya pacar apa belum? Kenapa milih s2 daripada menikah hihi

Itu selingan interviewer aja sih

Yg penting siapkan jawaban2 kalian ttg prodi yg kalian pilih, apa motivasi terbesar kalian buat kuliah dan dapet beasiswa

Intinya, apa yg kita harapkan dan upayakan harus diperjuangkan sampai titik penghabisan. Jangan tiba2 nyerah sebelum berperang, “Ah aku ga punya prestasi. Aku ga jadi daftar deh!” please jangan sampai kita punya pikiran kayak gt

Selagi masih bisa kita daftar coba aja, ga ada salahnya kok

Tetep semangat pokoknyaa. *Sebuah hasil tidak akan mengkhianati proses*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *