Menjelang 72 Tahun

OLEH : ZULFA SORAYA

Udah hampir satu abad nih, negara kita merdeka..

17 Agustus 1945 adalah momen sejarah yang paling penting untuk kita ingat, ingat akan pejuangan para pahlawan kita, mereka rela berkoban untuk mencapai nama kemerdekaan. Oleh karena itu hal seperti apa sih yang bisa kita lakukan untuk negara kita tercinta ini? Hal yang seperti apa yang bisa membalas perjuangan para pahlawan kita? Atau hal apa yang akan kita berikan kepada negara kita ini?

Pertanyaan-pertanyaan seperti ini yang sering terengang di telinga, apakah kalian sudah melakukan hal yang terbaik untuk negara ini? Cara yang tepat untuk membalas perjuangan para pahlawan kita adalah dengan menjalankan tauladan yang diberikannya. Cukup dengan kita mengikuti tauladan para pahlawan kepada negara,, dengan tetap terus berjuang melakukan hal bisa kita lakukan meskipun banyak rintangan yang dihadapi. Hal yang seperti apa? Banyak… seperti seorang pengajar yang ikhlas untuk mengajari peserta didiknya hingga mengerti pelajaran yang diberikan. Begitu pula dengan pelajar yang harus bersungguh-sungguh dalam mempelajari pelajarannya.

Untuk menghiasi peringatan kemerdekaan Indonesia, banyak hal yang bisa kita lakukan, misalnya dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang positif, seperti:

  1. Menjalin tali silaturahmi antar sesama manusia.

Menjalin silaturahmi merupakan hal yang pokok loh untuk mempersatu bangsa, apalagi kalau bawa oleh-oleh… Karena jika antar sesama manusia tidak memiliki rasa tali persaudaraan maka terjalinnya rasa kasih mengasihi akan tidak terwujud. Untuk menjalin tali silaturahmi pada hari kemerdekaan Indonesia, temen-temen bisa nih membuat acara yang menarik, dimana disitu dapat melibatkan teman-teman dengan masyarakat sekitar teman-teman.

  1. Tumbuhkan rasa kasih sayang antar sesama manusia.

Hal yang kedua ini jangan dibawa baper ya… kalau kalian sudah menjalin silaturahmi antar sesama manusia, pasti akan tercipta rasa kasih sayang dong. Dimana rasa kasih sayang ini bukan saja mengenai percintaan tetapi dalam hal perbuatan juga. Jadi kalian bisa membuktikannya dikehidupan sehari-hari, seperti memiliki rasa perduli akan segala hal kepada orang lain, gotong royong, dan belajar ikhlas juga ya…

  1. Adanya toleransi

Dengan adanya perbedaan akan tercapainya keperdulian antar umat beragama, dengan menumbuhkan toleransi mengenai perbedaan akan membawa kedamaian dibangsa ini. Supaya kita bisa mewarnai kehidupan dibangsa ini dengan adanya rasa toleransi antar sesama umat beragama. Dabes lah pokoknya buat kalian…

Tetapi dibalik itu kalian pasti sering mendengar tentang banyaknya konflik-konflik mengenai Hak Asasi Manusia akhir-akhir ini. Menjelang 72 tahun negara kita ini merdeka, kenapa semakin runtuh persatuan antar umat manusia? Sepatutnya kita memikirkan hal yang dapat membangun bangsa ini. Sebenarnya makna dari banyaknya kasus yang menyerang negara kita ini adalah jika kita bersatu tetapi saling mengadu maka akan buntu. Keadilan memang harus diterapkan, tapi jika keadilan dapat membolak-balikan fakta akan seperti peribahasa yaitu “Hati memeluk gunung, apa daya tangan tak sampai”.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *