Menengok Terobosan Perpustakaan Kontainer Di Wisata Alun-Alun Mojokerto

Seolah tak ada habisnya berinovasi, Pemerintah Kota Mojokerto dalam tujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat Kota Mojokerto kembali memberikan fasilitas Perpustakaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di kawasan wisata keluarga Alun-Alun Kota Mojokerto. Inovasi ini semakin menunjukkan komitmen Pemerintah Kota Mojokerto yang sebelumnya telah melakukan beberapa program untuk meningkatkan budaya baca masyarakat seperti mobil perpustakaan keliling, kontainer baca dan lain lain.

Perpustakaan yang memiliki bentuk unik seperti kontainer ini berlokasi tepat di seberang Masjid Agung Al-Fattah dan disebelah kanan Pos Pantau milik Satuan Polisi Pamong Praja Kota Mojokerto. Perpustakaan kontainer ini bisa dikunjungi tiap hari dari pukul 08.00 WIB hingga 20.00 WIB. Jadi pengunjung tak perlu khawatir bila ingin menikmati ratusan buku yang telah disediakan oleh Pemkot Mojokerto.

Perpustakaan Kontainer Alun Alun Mojokerto

Lalu, apa yang unik dari perpustakaan ini?

Perpustakaan yang memiliki warna luar cerah, dominasi antara jingga dan merah ini, menarik karena terdapat di tempat yang umum, yaitu Alun-Alun Kota. Jika kita biasanya melihat Alun-Alun sebagai tempat kumpul atau wisata keluarga pagi hingga malam hari serta tempat diadakannya Car Free Day di hari minggu, tetapi anda juga bisa bersantai sekaligus belajar disini.Perpustakaan ini memiliki sekitar 3000 katalog buku bacaan mulai dari kategori umum sampai pelajar hingga anak-anak yang disediakan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Mojokerto. Prosedur untuk membaca pun mudah sekali, cukup mengisi buku tamu terlebih dahulu, baru kita memilih buku apa yang kita perlukan.

Petugas perpustakaan menyediakan tempat duduk yang dikonsep dengan lesehan maupun outdoor di halaman perpustakaan. Pengunjung bisa membaca di dalam ruangan yang juga disediakan fasilitas Air Conditioner (AC) maupun outdoor di halaman perpustakaan. Pengunjung bisa membaca dibawah pohon yang telah disediakan beberapa kursi yang nyaman. Tiap hari perpustakaan ini banyak dikunjungi oleh orang-orang terutama ketika hari libur. Pengunjung yang dating didominasi oleh anak-anak berusia 6 tahun sampai 12 tahun. Mereka dating sembari ditemani orang tua.

            Penulis sendiri sering mengunjungi tempat ini karena tempat ini menjadi tempat berkumpul tim Gerakan Perpustakaan Anak Nusantara Regional Mojokerto. Perpustakaan ini juga tempat utama ketika GPAN Regional Mojokerto melakukan kegiatan Open Recruitment Pengurus Baru tahun 2020. Alasannya simple, tempat ini adalah tempat yang cukup nyaman dan memiliki fasilitas yang nyaman.

            Kedepannya perpustakaan ini akan ditambah beberapa kegiatan untuk semakin meningkatkan minat baca masyarakat Mojokerto seperti bedah buku, seminar, tempat berdiskusi hinga sebagai ajang berkumpulnya berbagai komunitas.

            Jika kamu sedang berkunjung ke Kota Mojokerto dan ingin bersantai sambil belajar tempat ini adalah salah satunya. Yuk kita ke tempat yang belum pernah kita kunjungi.

            Salam Literasi !!! Salam Mengabdi !!!

https://surabaya.tribunnews.com/2017/04/11/asyik-di-alun-alun-kota-mojokerto-ada-perpustakaan-kontainer
https://thr.kompasiana.com/ryrorry/5cdd7adc3ba7f7076d39b502/dolan-gratis-ke-perpus-kontainer-pilihan-tepat-menunggu-adzan-magrib

Penulis : Al (GPAN Mojokerto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *