Yuk, telusuri manfaat berpetualang di dunia baca.

GPAN Regional Kediri – “Buku adalah gudang ilmu, buku adalah jendela dunia.” Satu, dua pepatah mengenai buku, tak akan ada habisnya bila terus menerus digali keberadaannya. Yang seakan-akan, memberi sebuah petunjuk, akan arti dan manfaat dari membaca buku, yang begitu luasnya.

“Siapa sih yang tak suka berpetualang?”

images.pexels.com

Mungkin beberapa orang, memang tak suka berpetualang dan akan memilih berleha-leha di dalam rumah dengan segala aktivitasnya. Namun, berbeda lagi dengan berpetualang di dunia baca. Ketika kita berhasil terjun dan berpetualang di dunia baca, maka berjam-jam waktu yang terlewatkan pun, tidak akan terasa. “Pasang amunisi, tenggelamkan buku bersama dirimu.” Hehe.

Dari semua kalangan tua, muda, bahkan anak-anak yang sudah bisa membaca, pasti akan senang sekali jikalau kita hadiahi buku. Tujuan dari mencari ilmu pun, tak akan bisa jauh-jauh dari bantuan buku. Tanpa disadari, sehari kita pasti akan membaca buku, walaupun hanya satu lembar sekalipun. Dari buku, berbagai inspirasi akan muncul sebagai salah satu manfaat dari buku.

Berbicara mengenai manfaat, berpetualang di dunia baca, tak akan merugi. Berikut ini beberapa manfaat lain dari membaca buku,

Menambah wawasan dan pengetahuan,

images.pexels.com

       Tak jarang, manusia akan berbondong-bondong mencari cara agar bisa memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas. Dengan membaca buku, artinya kita membantu menambah asupan wawasan dan pengetahuan yang baru. Semakin banyak pengetahuan, maka kita akan semakin siap, menghadapi tantangan hidup yang tak terduga sekalipun, di masa-masa yang akan datang.

Mengurangi stress,

c0.wallpaperflare.com

       Berbicara mengenai stress, hal ini juga tidak bisa dijauhkan dari aktivitas manusia. Stress timbul, akibat lelah melakukan rutinitas seharian. Disela-sela rutinitas, dengan melakukan kegiatan membaca beberapa menit, bisa membantu menekan perkembangan hormon stress seperti hormon kortisol lo.. yang nantinya, akan membantu relaksasi pikiran, dan menurunkan tingkat stress hingga 67%.

Menambah kosa kata,

cdn.idntimes.com

       Dalam berbicara, maupun berpendapat, tentunya memerlukan kosa kata yang pas, supaya penjelasan dari kita mudah dipahami. Semakin banyak kita melakukan kegiatan membaca buku, dan semakin banyak buku yang kita baca. Maka, akan bertambah juga kosa kata yang kita miliki. Yang nantinya, akan memberikan bekal untuk kita dalam berbicara, supaya lebih memiliki rasa percaya diri.

Melatih keterampilan untuk berpikir dan menganalisa,

images.solopos.com

       Dari berbagai macam genre yang ada. Tentunya, akan membawa kita ikut serta terjun dalam dunia baca tersebut. Dalam alur cerita yang tersaji, ada banyak sekali alur yang sengaja dibuat penulis, untuk mengajak pembaca memikirkan apa akibat dari alur yang disajikan untuk alur selanjutnya, atau sekedar menebak-nebak bagaimana selanjutnya alur cerita yang tersajikan. Secara tidak langsung, hal itu akan membantu otak untuk melatih berpikir dan menganalisa berbagai permasalahan yang ada dalam kehidupan.

Menumbuhkan rasa empati,

images.pexels.com

      Empati  merupakan kemampuan seseorang untuk ikut serta merasakan apa yang dialami orang lain. Dengan rasa empati, tentunya kita akan dapat membangun relasi, dan peduli terhadap orang lain. Dengan membaca buku, kita akan dilatih untuk merasakan, dan memahami situasi ataupun kondisi yang dialami oleh tokoh dalam cerita, yang nantinya akan membantu meningkatkan rasa empati kita.

Lalu, masih enggankah berpetualang di dunia baca?

Editor : Faradina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *