Manfaat berhenti merokok  

 

OLEH : TRY RAHAYU

Indonesia merupakan negara dengan jumlah perokok cukup tinggi. Ironisnya sebagian besar masyarakat di Indonesia sudah tahu,kebiasaan merokok dapat memicu penyakit kronis  seperti jantung, stroke, penyakit paru-paru, dan beberapa tipe kanker. Rata-rata rokok mengandung 600 bahan kimia yang berbeda. Dan lebih dari 7000 senyawa kimia diproduksi dari asap rokok.

Rokok juga mengandung bahan kimia berbahaya, seperti karbinmonoksida yang terdapat dalam nikotin. Dalam rokok juga terdapat formaldehid ,yaitu bahan penyebab kanker, atau kadmium ,bahan aktif dalam baterai , serta heksamin yang ditemukan pada arang. Diperkirakan ,70 senyawa kimia yang ditemukan pada rokok bersifat karsinogenik atau pemicu kanker.  Hampir semua bahan tersebut dapat memicu kematian dengan cara beragam.

Bagi perokok, kini saatnya anda mempertimbangkan untuk berhenti merokok .banyak loh manfaat yang akan diperoleh , tak hanya tubuh Anda lebih sehat , Anda juga akan terlihat lebih menarik dari sebelumnya . Orang lain juga akan merasakan keuntungan nya jika anda berhenti merokok. Suatu sumber pernah mengatakan bahwa perokok pasif cenderung mendapat banyak efek negatif dibanding perokok aktif.

Berikut 7 manfaat kesehatan dan penampilan lebih baik yang anda peroleh ketika menghentikan kebiasaan merokok:

  1. Gigi putih

Merokok akan membuat gigi anda menguning dan menjadi kotor. Bahkan jika Anda menggunakan pemutih gigi yang terbaik, noda gigi akan muncul kembali. Dengan berhenti merokok gigi anda akan kembali ke warna putih alami

  1. Kuku sehat

Rokok juga bisa menodai kuku, ini terjadi karena kebiasaan anda memegang rokok , dan membuat asapnya merusak warna kuku.

  1. Mencegah penuaan dini

Merokok menyebabkan penuaan dini karena bahan kimia yang terdapat di dalam rokok dapat menghambat aliran darah yang menyebabkan kulit kering dan keriput ,terutama di daerah sekitar mata dan bibir.

  1. Rambut tebal

Merokok dapat merusak DNA dalam folikel rambut ,yang berarti bahwa dari waktu ke waktu rambut anda akan menipis. Jika anda berhenti, makan akan mengembalikan fungsi DNA dengan baik dan rambut akan tebal.

  1. Kulit sehat

Merokok bisa membuat kulit anda kusam, bersisik, dan rentan terkena penyakit kulit lainnya. Jika anda berhenti kulit anda akan kembali cerah dan sehat.

  1. Samarkan bekas luka

Penyembuhan luka baik di wajah ataupun bagian tubuh lainnya akan lebih cepat bagi anda yang bukan perokok dan tak dalam meninggalkan bekas luka tersebut.

  1. Nafas lebih segar

Bau asap rokok memang susah dihilangkan karena melekat pada mulut dan menempel pada tubuh anda. Jika anda berhenti merokok maka hembusan nafas anda akan lebih segar dari biasanya dan Anda akan tampil lebih percaya diri.

Leave a Reply