Intip Serunya Acara Istana Buku (ISTANBUK) 2018 di Panti Asuhan Taqwa Al Qolbi

posted in: Event, GPAN Regional Malang | 0

    GPAN Regional Malang kembali melaksanakan salah satu program kerja utamanya yaitu Istana Buku (Istanbuk) 2018. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 15-16 September 2018, bertempat di Panti Asuhan Taqwa Al Qolbi yang beralamat di Jl. Joyo Agung No.11, Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Malang. Tema acara yang diambil pada Istanbuk 2018 ini adalah “Berbagi Buku, Tebarkan Ilmu, untuk Generasi yang Lebih Maju”. Acara ini merupakan kegiatan Istanbuk yang dilaksanakan untuk yang ketiga kalinya, setelah sebelumnya juga dilaksanakan pada tahun 2016 dan 2017. Adapun tujuan dari program kerja Istanbuk ini adalah untuk mendirikan perpustakaan serta memberikan donasi berupa buku-buku sebagai upaya untuk meningkatkan minat baca masyakarat terutama anak-anak.

    Rangkaian acara Istanbuk dimulai pada hari Sabtu, 15 September 2018. Pada hari pertama ini, acara dimulai pada pukul 15.30. Pihak panitia juga mengundang beberapa komunitas untuk turut menghadiri acara pada hari pertama ini. Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada hari pertama adalah pembukaan, sambutan dari ketua pelaksana kegiatan, pengurus inti GPAN Regional Malang, serta pihak pengelola Panti Asuhan. Setelah penyampaian sambutan, berikutnya dilaksanakan sesi pemberian materi mengenai perpustakaan yang disampaikan oleh Ibu Evi dari TBM Pelita Harapan Karangwidoro. Pada  sesi materi ini, disampaikan mengenai pentingnya membaca buku dan pentingnya meningkatkan minat untuk membaca sejak usia dini. Setelah sesi materi perpustakaan, berikutnya dilaksanakan pemotongan tumpeng dan peresmian perpustakaan di Panti Asuhan Taqwa Al Qolbi secara simbolis oleh Pihak Panti yang diwakili oleh Bapak Slamet serta Ketua Pelaksana Istanbuk 2018, Syaifudin. Sesi utama pada hari pertama kemudian ditutup oleh doa yang dibacakan langsung oleh Bapak Slamet pada pukul 17.00 WIB. Setelah penutupan acara formal, berikutnya dilaksanakan kegiatan makan bersama dari pihak panitia dan anak panti pada pukul 18.00 -18.30 WIB.

Antusiasme Anak-anak dari Panti Saat Acara Pembukaan
Kegiatan Makan Bersama Hari Pertama

    Kegiatan hari kedua yang dilaksanakan Minggu 16 September 2018 dimulai pada pukul 10.00 WIB. Rangkaian acara pada hari kedua ini diisi dengan lomba-lomba outdoor yang dilaksanakan di area halaman panti asuhan untuk meningkatkan keakraban dari anak-anak dengan seluruh panitia.  Adapun jenis lomba pada hari kedua ini adalah lomba memasukan paku kedalam botol dan lomba estafet karet dengan sedotan. Pada lomba-lomba tersebut, anak-anak dibagi menjadi empat kelompok yang berisi empat anak dari panti dan dua orang dari panitia. Kegiatan lomba ini berakhir pada pukul 11.15. Setelah sesi istirahat, shalat dan makan, kegiatan dilanjutkan dengan sesi ice breaking oleh panitia pada pukul 12.30.  Kegiatan selanjutnya dilaksanakan pada pukul 13.00 dengan penyampaian dongeng dari Komunitas Gendong yang disampaikan oleh Kak Nurul dan Kak Tyas. Pada sesi penyampaian dongeng ini, anak-anak panti sangat antusias dalam menyimak semua materi dongeng yang diberikan. Sesi dongeng ini akhirnya selesai pada pukul 14.00. Pada sesi terakhir dilakukan pembagian hadiah serta kenang-kenangan untuk seluruh anak-anak panti yang sudah mengikuti rangkaian kegiatan Istanbuk sejak hari pertama. Terakhir, dilaksanakan pembacaan doa penutup yang secara resmi menjadi penutup seluruh rangkaian kegiatan Istanbuk 2018 ini.

Kegiatan Lomba Hari Kedua
Suasana perlombaan
Sesi penyampaian dongeng oleh Kakak dari Komunitas Gendong

“Senang rasanya bertemu dengan kakak-kakak dari GPAN Malang karena kami semua bisa ikut banyak kegiatan yang membuat kami gembira, kami bisa bersenang-senang dan kami jadi sangat ceria. Semoga kakak-kakak GPAN Malang bisa kembali kesini lagi ya, Aamiin “ Ujar Dhiva, salah satu anak dari Panti Asuhan Taqwa Al-Qolbi. “Saya berharap, kegiatan Istanbuk ini bisa menjadi awal bagi kegiatan-kegiatan berikutnya di Panti Asuhan Taqwa Al Qolbi ini. InsyaAllah, kedepannya juga akan dilaksanakan kegiatan Bocah Pustaka (BOPUS) yang dilaksanakan secara rutin dua minggu sekali untuk terus menjaga dan meningkatkan minat baca anak-anak yang ada disini” Ujar Syaifudin, Ketua Pelaksana Istanbuk 2018. Dengan Terlaksananya Istanbuk 2018, diharapkan dapat terjalin silaturahmi maupun kerjasama yang lebih erat dari baik dari pihak GPAN Regional Malang maupun pihak Panti Asuhan Taqwa Al Qolbi, tentunya dengan tujuan utama untuk terus memberikan pendidikan literasi yang lebih baik sejak usia dini (BA).

Sesi Foto Bersama
Perpustakaan yang Telah Diresmikan di Panti Asuhan Taqwa Al Qolbi (1)
Perpustakaan yang Telah Diresmikan di Panti Asuhan Taqwa Al Qolbi (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *