How to be More Productive Students

posted in: Esai, Event, GPAN Regional Jogja | 0

Anak muda saat ini cenderung lebih santai, sebagian dari mereka menyebutnya kaum rebahan. Sebenarnya boleh saja rebahan sejenak melepas lelah setelah aktivitas seharian. Tapi apakah begitu kemudian yang dilakukan? Hampir seluruh anak muda sekarang kecanduan dengan gadget dan media sosial. Mereka asyik sendiri memainkan Handphone tanpa peduli sekitar kita, dan ini bisa seharian mereka pegang Handphone. Jadi, tidak heran kalau banyak yang mengeluhkan waktu mereka seakan sedikit sekali untuk melakukan hal-hal yang lainnya. Nah, ini tips buat teman-teman yang ingin menjadi lebih produktif sehingga waktu kita tidak terbuang sia-sia.

  1. Make a To-Do List

Ini hal yang hampir tiap hari aku lakukan, sebelum tidur aku selalu menyempatkan waktu minimal sepuluh menit untuk membuat poin-poin apa saja yang akan aku lakukan dari bangun tidur sampai mau tisur lagi. Eits, jangan lupa untuk mencoret poin-poin yang sudah kamu kerjakan ya, untuk mempermudah kamu dalam melihat poin apa saja yang belum dikerjakan.

2. Jangan Tidur Lagi 

Emang paling enak itu ya ngeliat jam masih diangka enam pagi dan kuliah dimulai pukul sepuluh itu tarik selimut lanjut mengarungi mimpi. Ini lama-lama kalau keterusan bisa menjadi kebiasaan yang tidak baik lho. Lebih baik langsung ke kamar mandi, cuci muka biar seger terus lanjut lari pagi. Atau beberes kamar. Pokoknya sibukkan dirimu saat pagi, supaya ngantuknya segera hilang. 

3. Baca Buku

Ubah kebiasaan main Handphone dengan baca buku. Memang memulainya bakalan susah banget, tapi ya harus dipaksa. Jangan biarkan Handphone men-distract kegiatanmu yang lain. Usahakan buat peraturan pada dirimu sendiri, main Handphone sehari satu jam, selepas dari itu fokuskan waktumu untuk hal-hal bermanfaat lainnya. Contohnya: baca buku, ikut organisasi dikampus atau luar kampus, atau lakukan hobi yang menuturmu pasitif untuk dilakukan.

4. Jangan Ngeluh!

Memang sudah tabiat manusia yang sedikit-sedikit ngeluh, sebenarnya lumrah saja mengeluh ketika sedang capek, tapi jangan sampai keterusan ngeluh. Dari pada ngeluh mending waktunya dibuat untuk membangkitkan mood mu lagi. Kamu bisa nonton film komedi, melihat video motivas, atau istirahat, iya tidur sejenak. 

Itu tips-tips yang aku biasa lakukan ketika sudah merasa unmood atau pengennya jadi kaum rebahan. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua yaa… Yuk produktif bareng-bareng J

By. Ummi Novia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *