Harlah GPAN, Refeleksi 6 Tahun Berdiri Merancang Masa Depan yang Menanti

posted in: Event, GPAN Pusat | 0

Jakarta, Media GPAN

Meski sederhana namun sangat bermakna. Ungkapan yang sangat tepat bila disandarkan untuk acara Sarasehan Pengurus dan Alumni Gerakan Perpustakaan Anak Nusantara (GPAN) dalam rangka memperingati Hari Lahir (Harlah) ke-6 GPAN, Ahad (25/04/2021).

Acara yang diselenggarakan secara virtual melalui zoom tersebut merupakan salah satu rangkaian acara peringatan harlah ke-6 GPAN. Ketua Umum (Ketum) Gerakan Perpustakaan Anak Nusantara, Khoirul Anam mengatakan, melalui acara ini kita harus mampu merefleksikan apa yang sudah GPAN lakukan selama 6 tahun berdiri dan apa yang akan kita lakukan di masa mendatang.

“Peringatan hari ulang tahun GPAN ke-6 ini harus dapat dijadikan momentum bagi seluruh pengurus GPAN, baik pusat maupun regional untuk merefleksikan 6 tahun berdirinya organisasi ini serta merancang keberlangungan GPAN kedepannya,” ungkap Anam saat menyampaikan sambutannya.

GPAN pusat sudah punya grand desain terkait standarisasi pola pengembangan anggota atau relawan GPAN. Dengan adanya grand desain tersebut diharapkan bisa membntu GPAN Regional untuk menjalankan regenerasi yang baik. Selama 6 bulan kemaren, GPAN Pusat melakukan uji coba di regional Kediri dan regional Jogja. Setelah uji coba itu, kami membentukan tim ad hoc untuk pengembangan kurikulum serta pengembangan anggota dan relawan.

“Setelah disepakati dan disahkan pada Musyawarah Nasioanal (Munas) 3 besok, kurikulum ini akan kami terapkan di seluruh GPAN regional,” tambahnya.

Khorul Anam juga mengatakan, bahwa ia dan pengurus GPAN Pusat juga merencanakan kedepannya akan mendirikan yayasan Gerakan Perpustakaan Anak Nusantara yang saat ini masi dalam tahap pembahsaan. Disampaikan, selain sebagai momen refleksi dan perancangan langkah organisasi GPAN, kita harus tetap konsisten dan eksis untuk terus berbagi, menyebarkan kebaikan dan kebermanfaatan.

“Karena dengan berbagi, akan mendatangkan banyak kemudahan sebagai timbal balik dari kebaikan kita. Dan itu yang saya rasakan. Saat kita sulit dan membantu orang maka kita akan memanen kebaikan di kesempatan lain,” tambah Founder GPAN, Imam Arifa’illah Syaiful Huda pada saat sesi penyampain pandangan founder.

Rasa syukur dan terima kasih yang sangat dalam beliau sampaikan bisa menjaga GPAN ini tetap eksis hingga genap berusia 6 tahun. Adanya GPAN ini juga bisa menjadi forum upgrade diri dan saling berbagi ilmu antar anggota khususnya bagi para mahasiswa. Karena dengan berkolaborasi kita bisa saling melengkapi dan memperkuat tali silaturahmi.

Acara yang dimulai pukul 12.30 (siang) ini, diakhiri dengan penyampaian harapan dari masing ketua GPAN regional kemudian ditutup dengan foto bersama melaui room zoom masing-masing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *