GPAN Malang Tebarkan “Virus” Literasi di SDN 02 Tlogomas

posted in: Blog, GPAN Regional Malang | 0

GPAN Malang berkesempatan untuk mengunjungi salah satu sekolah dasar negeri yang ada di Kota Malang, yaitu SDN 02 Tlogomas. Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka melaksanakan kegiatan literasi. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat, 31 Agustus 2018, bertempat di aula sekolah pada pukul 12.30 -14.00 WIB. Kegiatan ini merupakan kolaborasi pertama GPAN Malang dengan SDN 02 Tlogomas dalam rangka memberikan pendidikan literasi secara khusus bagi siswa-siswa SDN 2 Tlogomas.

Penyampaian materi literasi pertama
Siswa yang tengah asyik membaca buku

Kegiatan ini dibuka dengan penyampaian materi literasi dari salah satu guru SDN 02 Tlogomas. Selanjutnya, siswa yang berada di Aula dipersilahkan untuk mengambil koleksi buku yang dimiliki oleh GPAN Malang, untuk kemudian dibaca. Antusiasme sangat terlihat dari habisnya buku yang ada di dalam kotak yang telah dibawa. Selanjutnya, para siswa diberikan waktu untuk membaca buku yang telah diambil masing-masing. Beberapa siswa kemudian diajak untuk belajar menceritakan kembali apa yang sudah dibacanya di depan siswa lain, hal ini dilakukan untuk melatih kemampuan berbicara serta kemampuan mengingat kembali buku yang telah dibaca. Pada akhir acara, siswa yang dapat menceritakan kembali hasil bacaannya dengan sangat baik kemudian diberikan hadiah sebagai motivasi bagi semua siswa untuk lebih semakin rajin membaca.

“Meskipun ini merupakan kegiatan literasi pertama yang kami laksanakan di SDN 02 Tlogomas, tetapi antusiasme serta minat membaca para siswa disini sangat baik. InsyaAllah untuk kedepannya kegiatan literasi seperti ini akan kami laksanakan lagi dengan materi yang lebih bervariasi, seperti dengan mendongeng atau dengan melaksanakan perlombaan tertentu” Ujar Fahmi selaku koordinator bidang Project Manager GPAN Malang.  Dengan terlaksananya kegiatan ini, diharapkan dapat terjalin kerjasama yang lebih erat dari komunitas GPAN Malang dengan SDN 02 Tlogomas, hal ini karena sangat pentingnya pengenalan mengenai literasi bagi siswa sejak usia dini. (BA)

Sesi foto bersama

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *