ENAK GAK SIH JADI YOUTUBER? (Ekspektasi VS Realita)

Youtube, banyak orang tau bahwa dari channel youtube bisa menghasilkan pundi-pundi dolar. Info tentang pendapatan youtuber sudah banyak dipaparkan di media. Bahkan tidak sedikit youtuber yang blak-blakan memaparkan besar nominal yang mereka peroleh. Paparan tersebut ternyata membuat banyak orang termotivasi untuk menjadi youtuber. Motivasi tersebut telah berhasil merasuki berbagai kalangan dan usia tanpa pandang bulu. Mulai dari orang dewasa, remaja, sampai anak-anak. Mulai dari masyarakat perkotaan hingga pedesaan. Sampai-sampai ada anak kecil ketika ditanya cita-citanya jadi apa? Jawabannya ingin menjadi youtuber, karena iming-iming nominal yang menggiurkan dan pekerjaan yang terlihat santai-santai saja.

Apakah kenyataanya memang semudah itu? Nah dalam kesempatan ini saya ingin berbagi sedikit pengalaman. Check this out!

Ketika memiliki channel youtube, pasti senang jika video kita banyak dilihat, disukai, dan diapresiasi oleh orang lain, hal tersebut membuktikan bahwa karya kita atau apa yang kita sampaikan dapat diterima oleh orang lain. Apalagi jika viewersnya mencapai ratusan ribu bahkan jutaan.

Selain viewers, kita juka butuh subscriber atau orang yang berlangganan dengan channel kita. Banyaknya orang yang berlangganan, menunjukkan banyaknya orang yang berminat untuk mengikuti update terbaru dari konten-konten kita selanjutnya. Semakin banyak subscriber, pasti rasa senang dan puas selalu mengikuti, karena ternyata tidak sia-sia video yang kita buat, sekali lagi karena bisa diterima oleh masyarakat.

Nah, tidak hanya kepuasan batin dan rasa senang saja yang diperoleh, tetapi juga bisa mendapatkan uang jika subscriber dan jam tayang videonya telah mencapai syarat tertentu. Tak hanya itu, semakin banyak yang tau video kita, akan semakin banyak juga orang yang mengenal. Apalagi jika videonya sampai viral, akan cepat sekali terkenal. Eits.. viralnya harus positif ya!

            Yang orang lihat, menjadi youtuber itu enak ya! Tinggal upload video aja dapat uang. Eits, tidak semudah itu. Semua ada proses, usaha, kesabaran dan ketelatenan untuk mendapatkan hasilnya. Apa saja sih proses menjadi youtuber yang ternyata tidak semudah yang dibayangkan banyak orang?

  • Mencapai 1000 subscriber dan 4000 jam tayang

Mendapatkan minimal 1000 subscriber dan 4000 jam tayang dalam satu tahun adalah syarat utama channel youtube untuk mendapatkan iklan, dimana iklan adalah sumber pendapatannya. Tidak sedikit youtuber pemula yang baru bisa mencapai syarat tersebut lebih dari 1 tahun sejak didaftarkannya channel youtube mereka. Ada yang sudah mencapai 1000 subscriber kurang dari satu tahun, namun belum memenuhi target 4000 jam tayang. Ada yang mencapai 4000 jam tayang ketika subscriber sudah mencapai 2000 subscriber atau lebih. Tetapi ada juga yang sudah bisa memenuhi dua syarat tersebut dengan cepat. Semua tergantung ketertarikan penonton terhadap konten yang dibuat.

  • Selalu Mencari Ide-Ide Baru

Agar penonton dan subscriber kita tertarik dengan videonya, kita harus kreatif dan mencari ide-ide baru yang akan kita suguhkan kepada mereka. Semakin videonya menarik, semakin banyak orang yang akan menonton dan subscribe, sehingga akan mempercepat mencapai syarat minimal yang ditentukan oleh Youtube. Jadi, hampir setiap hari, kita harus mengantongi ide-ide, membuat skrip, take video, rekaman suara, editing, dan jadilah videonya. Upload video, harusnya sesering mungkin, jika tidak bisa setiap hari, usahakan seminggu dua kali, atau seminggu  sekali, atau sebulan sekali, yang penting konsisten.

  • Mental yang Kuat

Untuk mencapai syarat minimal tersebut ternyata tidak mudah sobat, sehingga kita perlu sering promosi channel kita ke teman-teman dan sosial media yang kita punya. Dalam tahap awal beberapa youtuber pemula mungkin memiliki rasa tidak percaya diri untuk membagiakan video yang telah dibuat. Hal tersebut mengakibatkan kurang berkembang dan kurang dikenalnya channel kita. Siapa yang tau kalau kita punya channel dan video-video menarik jika kita tidak memeberitahukannya kepada semua orang? Jadi jangan pernah malu untuk membagikan tautannya, selagi video kita berisi hal positif dan bermanfaat. 

Selain itu, mental harus dipersiapkan karena tidak menutup kemungkinan ada saja orang yang mencibir ataupun berkomentar negatif tentang video kita. Terima kritik dan saran dengan lapang dada, untuk lebih baik dan lebih berkembangnya channel kita.

  • Mencapai minimal $10 USD

Setelah mendapatkan iklan, kita tidak bisa langsung memperoleh uang dari Youtube. Kita harus mengumpulkan $10 USD terlebih dahulu untuk bisa mengajukan pin google adsense untuk memverifikasi rekening dan alamat tempat tinggal kita. Rekening tersebut nantinya akan digunakan untuk menerima pembayaran dari google, pendapatan dari iklan-iklan yang masuk di video kita. Ternyata untuk mendapatkan $10 USD ini tidak sebentar sobat. Butuh beberapa bulan untuk mendapatkannya, kecuali channel-channel artis yang sudah terkenal ya.

  • Menunggu PIN Adsense

Setelah kita mengajukan permintaan pin google adsense, dalam akun google adsense kita akan diberitahu bahwa pihak google sudah mengirimkan surat ke alamat kita melalu pos, tertera disitu kisaran akan sampai 2-4 minggu. Namun banyak youtuber-youtuber baru menerima suratnya 2-3 bulan kemudian. Bahkan saya pribadi baru memperolehnya sekitar 5 bulan. saya tanyakan ke kantor pos di kecamatan beberapa kali, tidak ada kiriman untuk saya. Sampai pada akhirnya saya mendapat peringatan dari youtube bahwa jika tidak diverifikasi sampai bulan ini, iklan akan dinonaktifkan. Akhirnya  saya datang ke kantor pos pusat Kota, ternyata disitu tertumpuk banyak sekali surat google adsense yang belum didistribusikan kepada pemiliknya. Setelah mendapatkan pin-nya, uang otomatis akan masuk kerekening kita jika sudah mencapai minimal $100 USD.

            Ya itu tadi sedikit pengetahuan dan pengalaman yang saya dapatkan selama berkecimpung dalam per-youtuban. Semoga informasi tersebut bermanfaat, menjadi motivasi, dan tidak mematahkan semangat sobat-sobat yang ingin terjun dalam dunia peryoutuban atau konten kreator. Terimakasih. J

-Salam dari pemilik channel youtube Arofa Defaki-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *