YUK IKUTI EVENT LOMBA CIPTA PUISI BERTEMA BHINNEKA TUNGGAL IKA (UNITY IN DIVERSITY) [DL 8 April 2017 pukul 23:59 WIB]

posted in: Event, Event Umum | 0

poster-2

 

Penerimaan naskah dimulai: 22 Januari – 8 April 2017
Penerimaan naskah ditutup: 9 April 2017
Pengumuman naskah terpilih: 24 April 2017

 

Kita semua pasti tahu, Indonesia adalah negara yang memiliki kemajemukan dalam hal etnis, budaya dan agama yang kesemuanya merupakan potensi untuk membangun dan mendukung kemajuan negara. Namun, keberagaman masyarakat yang dianggap sebagai kekayaan bangsa di sisi lain dapat memicu konflik dan perpecahan antargolongan. Dibuktikan dengan beberapa konflik bernuansa SARA yang akhir-akhir ini terjadi di Indonesia.

Para pendiri bangsa kita menyadari keberagaman yang dimiliki Negara Indonesia harus dijaga eksistensinya dalam semangat persatuan dan kesatuan. Oleh karenanya, Indonesia diikat dengan semboyan kesatuan dan persatuan bangsa yang kita kenal dengan “Bhineka Tunggal Ika”, yang memiliki makna “walaupun berbeda-beda, tetapi tetap satu jua”.

Nah, kita sebagai generasi penerus bangsa harus menjadi penggerak untuk tetap menjaga kerukunan, persatuan dan kesatuan bangsa. Kita harus menyadari bahwa keberagaman merupakan pemberian dari Tuhan dan Bhineka Tunggal Ika merupakan titipan nenek moyang yang perlu kita jaga sebagai dasar kita bersatu untuk Indonesia yang lebih maju.

Kali ini Gerakan Perpustakaan Anak Nusantara (GPAN) mengadakan event antologi puisi bertemakan “Bhineka Tunggal Ika (Unity In Diversity)”. Melalui karya kecil ini kita bersama-sama membantu masyarakat Indonesia untuk belajar menghargai dan menerima perbedaan yang Tuhan berikan.

 

SYARAT DAN KETENTUAN
1. Peserta adalah pelajar SMA/SMK/MA atau sederajat
2. Setiap peserta DIHARUSKAN menyukai fanpage Gerakan Perpustakaan Anak Nusantara – GPAN (http://www.facebook.com/gpanpusat/) dan/atau mengikuti instagram @gpan_pusat (http://www.instagram.com/gpan_pusat/)
3. Peserta harus membagikan postingan event ini di akun facebook dan/atau instagram dengan menandai minimal 10 orang teman.
4. Naskah ditulis dalam format .doc/.docx, ukuran kertas kuarto A4, jenis huruf Times New Roman, ukuran huruf 12 pt spasi 1, dan disimpan dengan nama file Nama Lengkap [Kota Asal] – Judul Puisi.
5. Peserta diperbolehkan mengirimkan lebih dari 1 karya terbaiknya, maksimal 1 halaman untuk 1 karya.
6. Di bawah naskah (halaman kedua), peserta diwajibkan mencantumkan biodata peserta dalam bentuk narasi (paragraf) MAKSIMAL 7 BARIS, serta foto diri (wajib), dan mencantumkan alamat domisili yang lengkap, e-mail, dan nomor telepon yang dapat dihubungi.
7. Naskah dikirim dalam SATU FILE ke e-mail: gpanpusat@gmail.com (dalam bentuk lampiran/tidak di badan e-mail) dengan subjek e-mail LOMBA CIPTA PUISI.
8. Setiap naskah yang masuk akan mendapatkan balasan dari admin melalui e-mail
9. Update peserta akan diumumkan pada tanggal 9 April melalui fanpage Gerakan Perpustakaan Anak Nusantara – GPAN (http://www.facebook.com/gpanpusat/)
10. Sebanyak 100 naskah terpilih akan dibukukan dalam sebuah antologi bersama
11. Seluruh peserta akan mendapatkan e-sertifikat yang akan dikirimkan ke e-mail masing-masing peserta pada tanggal 24 April 2017

 

BIAYA PENDAFTARAN
Rp. 10.000,- / puisi

 

CARA PEMBAYARAN:
1. Transfer ke rekening:
BRI 1753-01-007037-50-9
a.n. Neneng Ela Fauziyyah

BNI 0226 7550 70
a.n. Retno Purwaningsih

2. Lampirkan foto bukti transfer saat mengirimkan naskah melalui e-mail

 

HADIAH
Juara 1 : Trophy + Sertifikat + 2 Buku
Juara 2 : Trophy + Sertifikat + 1 Buku
Juara 3 : Trophy + Sertifikat + 1 Buku

 

FB : Gerakan Perpustakaan Anak Nusantara – GPAN (http://www.facebook.com/gpanpusat/)
Instagram : gpan_pusat (http://www.instagram.com/gpan_pusat/)
Email: gpanpusat@gmail.com
Whatsapp: 085853329449 (Retno Purwa)

Jangan sampai ketinggalan.. 🙂

#eventantologipuisi
#GPAN
#salammengabdi
#UnityInDiversity

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *