BACA BUKU ZAMAN NOW

posted in: Esai, GPAN Regional Medan | 0

Hidup dan dibesarkan di era digital, menjadikan anak-anak yang disebut dengan generasi Z akrab dengan laptop, tablet/IPad, smartphone, dan lain sebagainya. Paradigma negatif pun bermunculan, seiring dengan reaksi anak-anak generasi Z menanggapi pemberitaan mulai dari politik, sosial, agama, dan lain sebagainya yang tersebar baik dari televisi maupun sosial media. Perilaku yang ditunjukkan pun beragam, ada yang hanya ‘asbun’ saja, ada pula yang cerdas dengan menambahkan literatur. Hal tersebut membuat kita harus memilih dan memutuskan, menjadi generasi digital yang cerdas atau malah membatasi otak kita di bawah tempurung.

So, hal cerrdas yang bisa kamu lakuin dengan gadget kamu salah satunya adalah baca buku. Kalau kamu termasuk orang yang suka banget sama buku, cobalah untuk cari situs-situs perpustakaan yang menyediakan buku secara online atau secara offline. Beberapa aplikasi bahkan diciptakan untuk memudahkan media belajar kita. Diantaranya perpusnas, yang dikeluarkan oleh perpustakaan nasional Indonesia. Buat kamu yang jauh dengan perpustakaan bisa manfaatin smartphone kamu untuk belajar dan kayain isi kepala dengan baca melalui smartphone kesayangan kamu. Untuk yang suka komik, bagi pencinta anime pasti udah tau harus nyari dimana wadah yang nyediain kebutuhan mereka, ada beberapa aplikasi bahkan menyediakan kumpulan komik terlengkap seri awal sampai terbaru.

Nah dengan begitu, kita nggak dikatain lagi sebagai generasi yang sumbunya pendek. Kalau pepatah mengatakan, ‘buku adalah jendela dunia’ kayanya kamu harus setuju deh. Beberapa di antara kita mungkin ada yang udah nge-rasain keliling dunia namun banyak juga dari kita yang hanya tau negara-negara yang diluar Indonesia itu banyak ya dari Atlas. Eits, Atlas nya bukan merk sarung buat terawih ya. Generasi sebelumnya pasti tau yang namanya Atlas deh. Tanya aja sama mama papa kamu dirumah yah. Oya, ada satu inovasi lagi hasil buah tangan anak Indonesia. Kalau kamu hanya tau perpustakaan adalah gedung yang menyediakan aneka buku, kalau yang ini perpustakaannya yang dateng langsung ke tempat kamu main. Gerakan Perpustakaan Anak Nusantara merupakan komunitas anak muda yang peduli dengan minat baca masyarakat Indonesia. Kalau ada yang ngerasa yang nggak sempat untuk baca buku lewat smartphone, kamu bisa singgah ke perpusakaan keliling miliki mereka.

Kids zaman now bukan cuma update gaya tapi juga pengetahuan. Update terus pengetahuan kamu ya lewat smartphone atau bisa mampir ke perpustakaan keliling milik kita. Ditunggu !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *