Arisan Buku: Ajang Mempererat Silaturahim dan Menambah Koleksi Buku

posted in: Esai, GPAN Regional Jogja | 0

Oleh: Imam Arifa’illah Syaiful Huda

 

Arisan Buku Kelompok 1
Arisan Buku Kelompok 1

Ada banyak cara untuk mempererat silaturahim dan menambah koleksi buku. Salah satunya dengan cara arisan buku. Mendengar istilah arisan buku, mungkin banyak yang belum tahu. Pada umumnya, arisan hanya berupa uang, emas, motor, dan lain sebagainya. Arisan buku merupakan suatu kegiatan kreatif yang bertujuan untuk mempererat silaturahim antaranggota komunitas Gerakan Perpustakaan Anak Nusantara, khususnya di Regional Jogja. Arisan buku ini bisa menjadi salah satu opsi untuk dijalankan oleh komunitas yang bergerak dibidang literasi.

Beberapa prinsip program arisan buku adalah sebagai berikut:

  1. Arisan buku dilaksanakan pada hari ulang tahun anggota yang ikut serta dalam program arisan. Kegiatan arisan ini dirancang sebagai moment untuk merayakan ulang tahun anggota. Pada umumnya, hari ulang tahun merupakan salah satu hari spesial bagi setiap orang, sehingga pelaksanaan arisan buku sangat cocok dilaksanakan pada moment ini, sekaligus moment untuk memberi kado secara kolektif.
  2. Jumlah anggota arisan buku sebaiknya 12 orang. Jika banyak anggota yang berminat untuk bergabung, bisa dibagi menjadi dua kelompok. Batasan jumlah anggota bertujuan agar tidak terlalu memberatkan anggota secara finansial karena setiap anggota memiliki kemampuan finansial yang berbeda.
  3. Anggota arisan sebaiknya dipilih yang mempunyai bulan lahir berbeda, sehingga kegiatan arisan ini dapat dilaksanakan setiap bulan dengan satu perayaan ulang tahun saja dalam satu bulannya. Hal ini dimaksudkan agar tidak memberatkan para anggota arisan.
  4. Kriteria buku yang diberikan bisa berupa buku baru atau buku yang pernah dibaca (kondisi buku masih bagus). Tidak ada batasan berapa harga buku yang harus dibeli. Sebelum membeli kado, koordinator sebaiknya menanyakan kepada calon penerima buku seputar tema buku yang disukai.

Arisan Buku Kelompok
Arisan Buku Kelompok

Pada intinya, kegiatan arisan buku diharapkan dapat menginspirasi semua orang untuk menambah koleksi buku. Selanjutnya, koleksi buku ini diharapkan menjadi salah satu sumber belajar bagi orang–orang yang ada di lingkungan sekitar kita. Akhirnya, hal sederhana yang bisa kita peroleh dari kegiatan ini yakni berbagi kebahagian akan mendatangkan banyak pintu-pintu rejeki dengan tetap menjalin silaturahim. #salammengabdi.

Leave a Reply