9 Tempat Wisata Edukatif Bagi Anak di Jawa Timur

posted in: Blog, GPAN Regional Malang | 0

9 Tempat Wisata Edukatif Bagi Anak di Jawa Timur

Musim liburan memang sudah berakhir, nah liburan kemarin sobat ara main kemana saja? disini saya akan membagikan beberapa tempat rekomendasi untuk berlibur nanti. Bukan tempat liburan biasa, namun tempat liburan yang juga bisa jadi tempat belajar terutama untuk anal-anak, jadi selain bisa berlibur, teman-teman juga bisa dapat banyak ilmu. Yuk kita simak dimana saja tempatnya yang sudah dirangkum dari beberapa sumber.

  1. Museum Angkut
Sumber : Sharetempatwisata.com

Salah satu museum yang paling terkenal di Malang Raya, rasanya tidak lengkap berkunjung ke Kota Wisata Batu kalau belum ke tempat ini.  Selain aksesnya yang cukup dekat dari pusat Kota Malang, Museum ini juga berada di lokasi yang sangat strategis, dengan suasana dan cuaca yang sejuk. Tempat ini cocok banget sebagai saran belajar buat anak-anak terutama yang berhubungan dengan bermacam-macam kelengkapan transportasi dari berbagai daerah ataupun negara luar. Penataan dan desian interiornya yang menarik juga menjadikan tempat ini sebagai tempat yang cocok buat kamu yang hobi berfoto ria. Dengan harga tiket masuk sekitar Rp. 70.000- Rp. 100.00 (tergantung hari kamu datang), tempat ini bisa kamu jadikan destinasi liburan khususnya untuk belajar tentang transportasi.

 

  1. Kusuma Agrowisata
Sumber: tempatwisataunik.com

Tempat wisata yang juga berada di Kota Wisata Batu ini merupakan salah satu tempat wisata yang populer. Tempat wisata ini adalah kawasan wisata petik apel. Buat kamu yang ingin berwisata sekaligus lihat perkebunan apel secara langsung, tempat ini cocok banget. Kalau buat anak-anak, tempat ini cocok untuk mengenalkan bagaimana perkebunan apel secara langsung dan bisa juga untuk kegiatan-kegiatan seru lainnya seperti outbound.

 

 

 

  1. Taman Safari Indonesia Prigen
Sumber: Dinamaulida.blogspot.com

Ternyata taman safari tidak hanya ada di Bogor loh, tapi ada juga di wilayah Jawa Timur, tepatnya sih di Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Tempat wisata ini cocok banget untuk anak-anak yang mau diberikan pengetahuan mengenai dunia satwa, terutama satwa-satwa langka. Tempat wisata yang juga merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Arjuna, Prigen ini bahkan diklaim sebagai taman wisata safari terbesar se-Asia loh. Dari tempat ini, anak-anak juga bisa belajar banyak tentang pentingnya perlindungan hewan-hewan langka yang semakin berkurang jumlahnya sekarang.

 

 

 

  1. Eco Green Park
Sumber: pikniek.com

Taman wisata ini merupakan salah satu bagian dari tempat wisata Jatim Park 2 yang terletak di Kota Wisata Batu. Tempat ini merupakan taman berbasis lingkungan yang sangat direkomendasikan buat kamu yang ngajak anak-anak untuk dapet pembelajaran yang lebih pada ilmu-ilmu seperti Fisika atupun Biologi. Tentunya Fisika dan Biologi yang dipelajari bukan dalam bentuk pengajaran seperti di sekolah formal ya. Nah, Eco Green park ini juga punya beberapa koleksi serangga yang sudah diawetkan loh. Selain itu, di tempat ini kita juga bisa dapat ilmu mengenai bagaimana cara mengolah sampah menjadi pupuk, maupun ilmu lainnya. Udaranya yang segar dan dipenuhi tanaman hijau juga membuat tempat ini bisa jadi sarana olahraga buat anak-anak maupun balita yang akhirnya bisa membuatnya menjadi lebih sehat.

  1. Museum Malang Tempoe Doeloe
Sumber: tempatwisataunik.com

Museum ini merupakan lokasi wisata yang cocok buat kamu yang tidak mau jauh-jauh berwisata dari pusat Kota Malang. Letaknya yang berada dekat dengan Stasiun Malang membuat aksesnya menjadi mudah dijangkau. Di tempat ini, kita juga bisa mengajak anak-anak mempelajari bagaimana sejarah yang ada di Kota Malang, bagaimana perkembangan budayanya dan menumbuhkan rasa kepekaan serta kesadaran untuk menjaga hasil perjuangan maupun lebih mencintai Kota Malang

 

 

  1. Agro Tawon
Sumber: indah-haya.blogspot.com

Taman wisata petik madu ini letaknya juga strategis karena berada di tepi jalan raya Malang – Surabaya. Jadi kalau kamu kebetulan sedang lewat dan ingin berwisata sekaligus juga mengajak anak-anak untuk belajar, kamu bisa banget mampir. Di tempat wisata ini, kita diajak untuk memanen tawon langsung dari sarangnya loh. Nah, dari proses yang ada, anak-anak juga bisa banyak mempelajari tentang bagaimana proses panjang madu yang biasanya langsung sudah jadi, dari mulai proses ekstraknya dari sarang tawon.

 

 

  1. Jawa Timur Park 1
Sumber: surabayaadventure.com

Selanjutnya kita bahas lokasi wisata yang bisa dikatakan merupakan destinasi wisata yang sangat populer di Jawa Timur, yaitu Jatim Park 1. Di Jatim Park 1, terdapat beberapa wahana permainan seru untuk anak-anak yang sarat dengan nilai-nilai edukatif. Salah satunya anak-anak bisa belajar sejarah dari tentang Ken Arok dan Ken Dedes, belajar tentang ilmu-ilmu sains di outdoor science center, learning gallery, prehistorical scene, baby zoo dan wahana-wahan lainnya. Dengan harga tiket yang berkisar dari Rp. 60.000 – Rp. 80.000, ilmu dan pengalaman yang didapat bisa banyak banget.

 

 

 

  1. Taman Rekreasi Selecta
Sumber: tempatwisataunik.com

Taman ini merupakan tempat wisata yang legendaris di Malang Raya khususnya Kota Batu. Bahkan, lokasi wisata ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda loh!. Di tempat wisata ini, kita bisa belajar banyak mengenai beragam jenis bunga beserta karakternya masing-masing. Dengan fasilitas yang cukup lengkap, lokasi ini juga cocok untuk bermain bagi anak-anak sambil mengajarkannya untuk lebih banyak bermain di luar rumah tanpa harus tergantung pada gadget.

 

 

  1. Predator Fun Park
Sumber: tempatwisataunik.com

Tempat wisata edukasi yang terakhir ini menyediakan berbagai koleksi satwa yang tergolong pada kelas predator. Di lokasi ini, kita bisa mengajak anak-anak untuk bermain sambil belajar berani pada hewan-hewan satwa, misalnya buaya. Mereka bisa melihat secara lebih dekat dengan satwa-satwa predator tersebut. Selain melatih keberanian, anak-anak juga bisa diajak mempelajari bagaimana kehidupan dari satwa-satwa tersebut serta menumbuhkan kepekaan terhadap hewan-hewan yang perlu dilindungi.

Nah, itu dia 9 tempat wisata edukatif di Jawa Timur yang bisa sobat ara kunjungi, tentunya masih banyak lagi tempat lainnya yang bisa dijadikan tempat wisata edukatif selain tempat-tempat yang disebut diatas. Semangat menabung untuk liburannya ya sobat ara!

Biodata Penulis:

Nama: Billy Anugrah

Tim   : Media dan Desain Grafis (MDG) GPAN Regional Malang

Instagram : @billyanuggrah

Twitter : @billy9anugrah

Penulis juga bisa dihubungi via wa : 087720730514

Sumber referensi :

  1. https://tempatwisataunik.com/wisata-indonesia/jawa-timur/wisata-study-tour-di-malang (diakses 5 Juli 2018)
  2. https://www.ibudanbalita.com/artikel/8-tempat-wisata-edukatif-di-malang-surabaya

3.https://www.hipwee.com/travel/8-destinasi-wisata-edukasi-di-jawa-timur-yang-bakal-memperkaya-wawasanmu/

  1. https://dolandolen.com/7-destinasi-wisata-keluarga-yang-edukatif-di-malang-raya/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *