7 Cara Ampuh Agar Kamu Lebih Hemat

posted in: Blog, GPAN Regional Malang | 0

Kamu tau nggak ? 6 Cara ini, Akan membuatmu lebih Hemat

By : Krisna Hayuning Fadlilah

Project Manager

Hemat pangkal kaya ! Ok, pepatah lama ini memang benar, tapi ternyata memiliki sifat hemat dizaman sekarang ini, tentu saja tidak mudah. Barang-barang pada bagus, makanan pada enak-enak dan penampilan pun butuh perawatan extra. Jadi,  Apa cara efektif untuk kita bisa benar-benar berhemat? Okay, artikel singkat ini akan membahas dan mendalami 6 cara yang dipercaya cukup ampuh, untuk membuat kamu lebih hemat.

  1. Utamakan Kebutuhan, Kebutuhan ya, jangan mikirin keinginan dulu !

90% sebab pengeluaran membengkak yakni karena kita mengutamakan keinginan terlebih dahulu, dibandingkan dengan kebutuhan. Ya namanya orang ingin wajarlah mengutamakan keinginan. Ok memang wajar, tapi bukan berarti kamu mengutamakan keinginanmu, sedangkan kebutuhan terbengkalai, itu lebih norak. Alangkah baiknya jika setiap akan belanja bulanan, anda menuliskan semua kebutuhan anda terlebih dahulu. Utamakan dan penuhi kebutuhan terlebih dahulu, jika kebutuhan sudah terpenuhi, tabungan sudah terisi, barulah pertimbangkan membeli keinginan demi keinginan.

  1. Jangan lupa, siapkan anggaran khusus untuk bersedekah

Kita memang harus berhemat, tapi kita tidak boleh terlalu perhitungan bahkan bersikap pelit kepada sesama. Itu sangat tidak baik dan sangat merusak image kita dimata Tuhan dan juga sesama manusia. Didalam QS Al-Hadid : 18, Allah SWT Berfirman : “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat gandakan (Ganjarannya) kepada mereka : dan bagi mereka pahala yang banyak.

  1. Jangan manja ! Kalau tempat tujuanmu dekat, cobalah berjalan kaki

Fakta yang ditemukan oleh seorang ilmuwan AS tepatnya di Universitas Stanford bahwasanya Indonesia dinobatkan sebagai Negara dengan penduduk paling malas berjalan kaki. Padahal dengan berjalan kaki, tentu saja akan menambah kesehatan fisik, mengurangi kemacetan, lebih hemat dan masih banyak manfaat-manfaat yang lainnya. Jika memang tempat tujuan anda, tidaklah jauh, cobalah mulai dengan berjalan kaki sekarang.

  1. Buat buku pengeluaran dan pemasukan, itu wajib

Buat yang males buat buku pengeluaran dan pemasukan, coba deh buang jauh-jauh rasa malasnya, buatlah buku pengeluaran dan pemasukan minimal setiap bulan. Disini kita akan tahu, pengeluaran kita akan membengkak atau tidak.

  1. Jangan bergaya, diatas kemampuanmu, apa adanya saja

Ada quotes yang bilang bahwa “Gajimu selalu cukup untuk hidup, tetapi tidak pernah cukup untuk menuruti gaya hidup”. Exactly, gaya hidup tidak ada habisnya. Bijaklah dan syukuri hidupmu dengan cara tidak selalu menuruti gaya hidup yang mewah, yang anda sering stalking-stalking artis di Instagram itu, karena menuruti dunia dan gaya hidup, tidak aka nada habisnya.

  1. Berhemat tak sekedar menabung tapi bagaimana kamu menginvestasikan uangmu dengan sangat baik

Nah, ini yang benar. Hemat yang kita bahas adalah bukan hanya soal menabung tapi juga soal bagaimana kita menginvestasikan uang kita. Investasi tentu saja sangat penting untuk jangka panjang, terlebih untuk masa tua kita. Agendakan investasi mulai sekarang, dibidang apa dan sejumlah nominal berapa dan perhitungkan keuntungan yang akan kita dapat 2-10 Tahun kedepan dengan investasi yang kita buat tersebut.

Baiklah, itulah 6 cara ampuh, agar kita lebih hemat. Tetaplah berhemat, semoga keberkahan selalu mengalir pada harta anda semua, karena harta yang berkah akan selalu bermanfaat untuk sipemilik harta dan orang-orang lain disekitar kita. Semoga artikel singkat ini bermanfaat. Sampai bertemu lagi diartikel selanjutnya yang tentunya dengan tema lebih fresh dan bermanfaat.

 

–Terima Kasih–

 

Daftar Pustaka

Sulsel. DD (2017) “ Janji dan Balasan untuk Ahli Sejarah” Diakses dari http://sulsel.dompetdhuafa.org/janji-dan-balasan-untuk-ahli-sedekah/ pada 14 Maret 2018

Faustin, M “Ingin Kaya Raya? Tiru 11 Cara Alokasi Uang Ala Miliader Ini Yuk !” Diakses dari https://business.idntimes.com/finance/megan/ohhh-ternyata-begini-cara-para-milyuner-menghemat-uangnya/full pada 14 Maret 2018

 

 

 

Leave a Reply