6 BUKU YANG WAJIB DITAMATKAN PEMBACA ZAMAN NOW

posted in: Blog, GPAN Regional Malang | 0

6 BUKU YANG WAJIB DITAMATKAN PEMBACA ZAMAN NOW

Oleh Maria U

Penggunaan gawai bagi kids zaman now memang seperti makanan sehari-hari. Membacapun kadang hanya sebatas baca status, paling tinggi levelnya baca berita online. Padahal, tak kurang bahan bacaan yang berkualitas. Tenang-tenang, sudah dibuatkan rangkuman bacaan yang wajib dibaca pembaca zaman now kok. Yuk simak buku apa aja?

  1. Harry Potter Series
Sekolah ke Hogwarts? Siyapp! (Sumber: Pinterest)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Novel yang hype awal 2000-an ini tidak boleh dilewatkan begitu saja. Meski terbilang novel terbitan lama, tapi pesonanya masih melekat di hati para pembaca. J.K. Rowling sukses menyihir muggles dengan imajinasinya yang memukau. Fiksi bukan berarti kosong tak berarti, banyak hal yang bisa pembaca zaman now dipelajari di novel ini. Bukunya terlalu tebal? Eits, jangan salah Harry Potter sudah terbukti meningkatkan literasi lho. Penjualan buku Scholastic jadi meningkat setelah Harry cs lahir ke dunia. Jangan heran kalo makin kerajingan baca setelah menamatkan seri ini ya~

  1. The Little Prince
(Sumber: Pinterest)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

It is only with the heart that one can see rightly: what is essential is invisible to the eye.

Novel klasik yang satu ini memang tak perlu diragukan pamornya. Buku ini bercerita tentang seorang pilot yang mengalami kecelakaan di gurun Sahara dan bertemu dengan anak laki-laki dari planet lain. Meskipun terkesan bahwa “ini kisah buat anak-anak”, namun cerita di dalamnya memiliki segudang renungan. Peranakan novel sejenis pun juga ada, sebut saja Semua Ikan di Langit karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie.

  1. The Hobbit
Sumber: Pinterest

Lho lho bukannya elf itu yang kayak Dobby ya? Wah wah beda lho ya, di novel ini kamu bakalan nemuin elves (para peri) yang kerennya ngga ketulungan. Eh iya, jangan lupa pemeran utamanya, para dwarf yang akan mengajarimu keberanian, pantang menyerah, persahabatan, dll. Dijamin ketagihan baca dah! Kalo udah nonton filmnya, coba baca novelnya ya.

Alternatif fiksi: Narnia Series oleh C.S Lewis

4. Percy Jackson Series

(Sumber: Pinterest)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Siapa bilang mitologi itu membosankan? Hahaha coba deh baca Percy Jackson and Olympians dulu. Berlatar di zaman modern tak mengurangi aroma Yunani dan Romawi yang disuguhkan dalam novel ini. Novel ini cocok untuk membangun background knowledge. Tentunya karena ngga hanya fiktif tapi juga informatif. Sobat Ara bakalan makin betah baca deh karena banyak cowok-cowok kekar dan Rick Riordan juga pandai berkelakar.

5. Perahu Kertas

(Sumber: deelestari.com)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Karena hati tak perlu memilih, ia selalu tahu kemana harus berlabuh.

Keenan memang ngga seromantis Dilan. Tapi kisah cinta di Perahu Kertas ini bisa membuat pembaca gemas-kesal sendiri. Novel ini tak hanya melulu menceritakan romansa antar Kugy dan Keenan, tapi juga tentang impian. Boleh jadi, Sobat Ara bakal mikir apa sih yang sebenernya aku inginkan? Ingin mengetahui makna cinta dengan sudut pandang lain? Well, mungkin ini novel yang tepat.
Alternatif roman: Tetralogi Musim oleh Ilana Tan

  1. Negeri 5 Menara
Negeri 5 Menara sudah diterjemahkan ke bahasa Inggris (Sumber: negeri5menara.com)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pasang niat kuat, berusaha keras dan berdoa khusyuk, lambat laun, apa yang kalian perjuangkan akan berhasil. Ini sunatullah-hukum Tuhan.

Negeri 5 Menara mengisahkan anak-anak pesantren yang mengejar mimpinya hingga ke benua seberang. Kaya akan khasanah Indonesia, novel ini mempopulerkan kembali kalimat sakti Man Jadda wa Jada. Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Ditulis oleh mantan jurnalis yang memang lincah merangkai kata, Sobat Ara tak akan bosan menyusuri tiap halamannya.  Jika Sobat Ara sedang loyo kurang asupan semangat, cobalah membaca karya A. Fuadi yang satu ini. Setidaknya nanti akan sadar bahwa cita-ita itu layak diperjuangkan sampai titik penghabisan. Fiuh~

 

Yak, silakan melipir ke took buku atau perpus untuk baca buku-bukunya ya. Kalau sudah baca semua, wah SELAMAT! Kamu naik ke level bacaan selanjutnya. Baca-baca aja dulu, siapa tahu suka.

Tentang penulis

Penulis adalah Mahasiswa S-1 Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Negeri Malang.  Ia dapat disapa di keburuhujan.wordpress.com atau mariaulfarl@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *