5 Perbedaan Anak Zaman Old vs Anak Zaman Now

posted in: Blog, GPAN Regional Malang | 0

5 Perbedaan Anak Zaman Old vs Anak Zaman Now

Oleh: Ah. Rizal Fauzi

Baru-baru ini terdapat istilah baru yakni Anak Zaman Old dan Anak Zaman Now, dimana dari kedua zaman tersebut dalam hal sekecil apapun mulai dari kegiatan sehari-hari, tingkah laku dan sebagainya jauh berbeda 360 derajat. Kemajuan teknologi menjadi salah satu faktor terbesar yang menyebabkan perubahan.  Inilah 5 Perbedaan Anak Zaman Old vs Anak Zaman Now, yuk dibaca sampai habis.

  1. Permainan

Anak Zaman Old permainan yang sangat mereka gemari yaitu yang bisa membuat mereka main sama-sama. seperti lompat tali, petak umpet, kelereng, dan sebagainya. Sedangkan Anak Zaman Now banyak yang tidak tahu dengan permainan di atas, karena mereka lebih memilih atau lebih suka bermain video game, atau online dengan handphone seharian.

(Sumber foto: Brightside)
  1. Tempat

Anak Zaman Old sukanya bermain di sungai, pematang sawah, tempat lapangan, dan sebagainya. Sedangkan Anak Zaman Now mereka lebih suka nongkrong di kafe, mall, tempat-tempat yang kekinian karena mereka mana mau main kotor-kotoran seperti itu.

(Sumber foto: apriliavs.blogspot.com)
(Sumber foto: Bali.tribunnews.com)
  1. Musik

Anak Zaman Old lagu anak-anak tempo dulu adalah lagu-lagu ceria yang tidak memuat lirik cinta-cintaan. seperti lagu balonku, pada hari minggu, potong bebek angsa, dan sebagainya. Sedangkan Anak Zaman Now mereka lebih sukaukanya lagu cinta-cintaan, patah hati, atau yang tidak sesuai umurnya.

(Sumber foto: uangonline.com)
  1. Pakaian

Anak Zaman Old lebih suka pakai baju bola, atau baju-baju yang ada tokoh kartunya. contohnya baju power rangers sangat di gemari tahun 90-an. Sedangkan Anak Zaman Now suka baju yang keren atau yang ada tulisan cita-citanya.

(Sumber foto: brightside)
  1. Kendaraan

Anak Zaman Old paling bahagia punya sepeda sambil membayangkan bahwa sepeda itu adalah motor. Mereka berimajinasi dan bereksplorasi sesukanya, misalnya dengan mengeluarkan suara-suara brum-brum dari mulutnya sambil mengayuh sepeda. Sedangkan Anak Zaman Now mengendarai motor dengan ugal-ugalan serta mengubah motornya sehingga tidak lagi standar dan kalau tidak dibelikan motor bisa nangis seharian.

(sumber foto: Bangkitmedia.com )
(sumber foto: Facebook: Perpustakaan Nasional)

 

Gambaran umumnya, Anak Zaman Old kalah bersaing dalam segi pengetahuan tetapi menang untuk segi kemampuan bersosial, kerja sama dan sebagainya. Sedangkan Anak Zaman Now memang unggul dari segi teknologi, akan tetapi lebih menonjolkan sikan individual dan ketergantungan pada teknologi.

Memang tidak selamanya teknologi dan perkembangan zaman menyebabkan anak-anak jadi lebih baik, banyak juga anak-anak yang berprestasi berkat teknologi. Namun faktanya, anak-anak menggunakan teknologi untuk hal-hal yang negatif.

Nah, itu dia 5 Perbedaan Anak Zaman Old vs Anak Zaman Now. Tentunya masih ada banyak lagi perbedaan dari kedua zaman tersebut. Keep Exploring sobat ara!

 

 

Tentang Penulis:

Penulis adalah Mahasiswa S-1 Pendidikan Teknik Informatika, Universitas Negeri Malang. Ia bisa dihubungi di Akun Instagram: @fauzylavezzi melalui Direct Message (DM).

Sumber Referensi:

https://www.kompasiana.com/s3r4nn123/5a150919fcf6817a1766b4b2/fenomena-kids-jaman-now-vs-zaman-old (diakses pada tanggal 30 Juli 2018)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *